Search
Generic filters
Exact matches only

Imunitas Meningkat Corona Lewat

0
7 months ago

Pemerintah menghimbau masyarakat untuk melakukan physical distancing guna meminimalisir penyebaran COVID-19. Meskipun tidak sedikit penderita bisa disembuhkan, namun penyebaran COVID-19 tergolong mudah dan cepat. Pada tanggal 17 April 2020 saja sudah tercatat 5516 pasien yang positif COVID-19. Orang-orang yang terlihat sehat pun belum tentu tidak terpapar virus ini karena masa inkubasi yang cukup lama jadi tidak menimbulkan gejala apapun. Oleh karena itu, imunitas perlu dijaga supaya tidak mudah drop dan sistem imun tubuh bisa menangkal virus ini.

Perlu diingat bahwa belum ada vaksin untuk mencegah COVID-19, satu-satunya cara untuk bisa sembuh atau pun kebal terhadap wabah ini adalah dengan meningkatkan sistem imun. Berikut adalah tindakan-tindakan yang dapat membantu menjaga sistem imun, yaitu:

  • Tidur yang cukup

Tidur yang cukup menjadi salah satu cara agar regulasi imun tetap terjaga. Cukup berarti tidak kurang maupun tidak berlebih karena keduanya sama-sama akan menurunkan sistem imun karena seseorang menjadi rentan terinfeksi patogen. Menurut National Sleep Foundation, kecukupan waktu tidur bagi orang dewasa adalah 7-9 jam dalam satu hari.

Mengkonsumsi makanan yang bernutrisi tentunya akan dapat meningkatkan sistem imun. Ada banyak nutrisi yang penting untuk tubuh seperti vitamin, mineral, protein, dan lainnya. Jika dirasa kurang bisa mengkonsumsi multivitamin sesuai dengan dosis yang dianjurkan oleh dokter.

  • Olahraga

Olahraga terbukti dapat membantu proses regenerasi sel imun dan mengurangi peradangan pada tubuh. Olahraga yang dilakukan tidak harus yang berat, cukup yang bisa dilakukan di pekarangan rumah seperti lari-lari kecil atau berjalan santai di pekarangan.

Stres dapat memicu ketidakseimbangan sel imun dan dapat memicu peradangan. Oleh karena itu perlunya kontrol stres. Beberapa kegiatan yang bisa digunakan untuk mengontrol stres adalah meditasi, olahraga ringan, dan melakukan hobi.

Zat-zat yang terkandung dalam rokok bisa mengganggu sel imun. Rokok pun sama sekali tidak ada manfaat untuk tubuh dan malah bisa memicu berbagai penyakit.

Sinar matahari dapat memberikan energi bagi salah satu sel imun, yaitu sel T. Cukup 10-15 menit di pagi hari sangat berpengaruh untuk meningkatkan sistem imun.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode