Search
Generic filters
Exact matches only

Indah dan Simbolik Agama – Teratai

0
6 months ago

Siapa yang tak mengenal bunga teratai? Tentunya semua mengetahuinya karena bunga ini begitu indah dan menawan. Bahkan bunga ini terdiri dari berbagai macam jenis, ada kurang lebih 50 spesies yang tersebar di wilayah tropis hingga subtropis di seluruh dunia. Warna nya yang begitu banyak, cara membudidayanya yang begitu mudah, dan harganya yang sangat terjangkau membuat bunga ini banyak digemari oleh banyak orang di seluruh belahan dunia.

Uniknya, walaupun di habitatnya yang asli yakni berada di lingkungan kotor seperti sungai ataupun rawa-rawa,  warna bunga dan tanaman teratai tetap saja bersih dan menunjukkan keindahannya. Namun bunga yang begitu cantik ini tidak dapat hidup begitu lama (hanya beberapa hari saja). Ada yang malam baru saja mekar namun pagi harinya sudah layu. Dan ada juga yang mampu bertahan selama berhari-hari dan secara perlahan kelopaknya mulai lepas satu persatu. Pada ekosistem alam teratai banyak memberi manfaat pada makhluk lain, misalnya melindungi ikan dari teriknya matahari, menjadikan daunnya untuk tempat serangga yang hinggap serta katak untuk melompat, dan sebagainya. Padahal yang ia bisa lihat sepanjang hari hanyalah tempat hidup yang kotor.

Bunga yang berasal dari (Kingdom Plantae, Divisi Magnoliophyta, Kelas Magnoliopsida, Ordo Nymphaeales, Famili Nymphaeaceae dan Genus Nymphaea) ini sering kali dijadikan sebagai media simbolis oleh beberapa kepercayaan atau agama. Diantaranya adalah kepercayaan Mesir Kuno, bunga ini sudah sejak lama digunakan sebagai perangkat dalam upacara tradisionalnya.  Dalam budaya Buddha, bunga teratai adalah simbol dari keberuntungan dan juga sebagai yang paling penting dalam Iman.  bunga teratai sering digunakan sebagai hiasan, seperti gambar bunga teratai yang ada pada keramik serta juga dalam dekorasi bangunan bagi umat Buddha. Dan dalam Agama Hindu, bunga teratai memiliki simbol yang lain seperti kesadaran yang terkait dari beberapa Dewa. Dewa Krisna yang digambarkan sebagai Bunga Teratai. Dewa-dewi yang berkaitan dengan bunga teratai termasuk Wisnu dan Saraswati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode