Search
Generic filters
Exact matches only

Industri Olahraga Sepak Bola yang Berkembang Menjadi Bisnis Hiburan

0
6 months ago

Industri sepak bola bukan lagi hanya sekedar permainan olaharaga. Saat ini sepak bola sudah menjadi bagian dari industri hiburan yang menguntungkan. Hal ini dapat dilihat dimana saat ini sebuah klub sepak bola mempunyai rencana lain selain hanya sekedar meraih prestasi, yaitu menjangkau luas basis supporter mereka untuk meningkatkan jumlah supporter mereka sehingga klub tersebut dapat meraih lebih banyak keuntungan. Dengan basis supporter yang besar, maka semakin banyak orang yang mengenal klub tersebut dan semakin banyak pula sponsor yang ingin berinvestasi untuk klub tersebut.

Sebuah klub akan terus bertahan jika mereka memiliki basis supporter yang besar, karena para supporter ini menjadi sumber pemasukan klub terbesar mereka setelah para sponsor dan hak siar yang mereka dapatkan. Semakin besar pemasukan sebuah klub, maka klub ini bisa berinvestasi dengan membeli pemain-pemain dengan talenta-talenta yang bagus untuk memperkuat tim mereka sehingga mereka bisa meraih banyak prestasi. Semakin banyak prestasi yang klub tersebut raih, semakin banyak pula orang-orang yang akan menjadi supporter mereka.

Dalam dunia bisnis, ada persaingan antara satu perusahaan dengan perusahaan lainnya. Di industri sepak bola, sebuah klub pun harus bisa menentukan apa yang menjadi keunggulan kompetitif mereka dibandingkan klub lain untuk memperluas bisnis mereka.

Ada beberapa competitive advantage yang bisa dilakukan sebuah klub untuk bisa menang dalam persaingan di Indonesia maupun di global. Di antaranya adalah sebagai berikut.

  1. Sebuah klub bisa menggunakan strategi distinctive image yang berpengaruh pada model bisnis mereka. Klub bisa membangun image mereka dari filosofi permainan atau tagline yang mereka punya. Klub Liverpool FC menggunakan cara ini dengan branding image “You’ll Never Walk Alone” yang mereka gunakan. Branding ini artinya menggambarkan bahwa apapun masalah yang dihadapi seorang The Reds, baik itu klubnya maupun supporter mereka, supporter akan terus  mendukung apapun yang terjadi. Tagline tersebut pun menjadi salah satu daya tarik klub Liverpool.
  2. Selain itu, klub juga bisa melakukan coaching clinic dan melakukan pertandingan-pertandingan uji coba baik ke sebuah negara yang ingin dijangkau oleh mereka dengan melawan klub lain ataupun dengan melawan klub lokal negara tersebut.
  3.  Klub juga bisa melakukan kerjasama pengembangan bibit-bibit pesepakbola dari negara yang akan mereka jangkau tersebut. Cara-cara tersebut sering dilakukan oleh klub-klub besar seperti Barcelona, Real Madrid, Manchester United, Liverpool, Juventus, dan klub-klub besar lainnya saat jeda pramusim.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode