Search
Generic filters
Exact matches only

Ingin Mendaki Gunung? Ini Tips untuk Pemula

0
6 months ago

Berlibur ke gunung dan melakukan hiking sudah menjadi kegiatan favorit tidak hanya bagi pecinta alam, namun anak muda seperti pelajar atau mahasiswa juga menjadikan hiking menjadi kegiatan yang menarik. Aktivitas hiking dilakukan oleh mereka dengan tujuan yang berbeda-beda, ada yang untuk mencari liburan, mencoba atau menambah pengalaman dengan asyiknya mendaki gunung, dan menambah puncak gunung yang sudah ditaklukan. Bagi pemula, perlu persiapan untuk melakukan hiking agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Berikut terdapat beberapa hal yang harus disiapkan bagi para pemula.

Menjaga kesehatan. Mendaki gunung harus didukung dengan tubuh yang sehat. Karena jika keadaan tidak sehat dapat menghambat perjalanan terutama menyusahkan pendaki-pendaki yang lain. Maka dari itu pentingnya menjaga kesehatan jika anda ingin mendaki gunung, dengan cara tidur yang cukup sebelum mendaki, makan makanan bergizi, dan mengkonsumsi vitamin.

Melatih otot tubuh. Melatih otot tubuh dapat dilakukan dengan olahraga secara rutin seperti jogging yang bertujuan untuk melatih otot agar tidak kaget dalam mendaki gunung. Mendaki gunung dengan trek yang harus dilalui tidak mudah jika dilakukan bagi pemula. Selain itu perlu untuk melatih keseimbangan dengan melakukan senam kecil-kecilan.

Perlengkapan yang akan dibawa. Membawa peralatan pendukung seperti peralatan memasak, obat, dan makanan. Penting untuk membawa makanan yang cukup untuk mengisi tenang selama masa pendakian. Bawalah barang seperlunya agar ransel tidak terlalu berat sehingga beban yang dibawa akan ringan saat mendaki.

Pilih gunung dengan medan yang rendah. Menentukan destinasi pegunungan yang akan dipilih. Sebagai pemula sebaiknya memilih gunung dengan medan yang rendah terlebih dahulu. Anda dapat bertanya dengan pendaki sebelumnya atau mencari berbagai sumber di internet. Dengan mengetahui medan perjalanan yang akan dituju maka anda dapat mempersiapkan barang bawaan dengan tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode