Search
Generic filters
Exact matches only

Ini Alasan Kamu Harus Bisa Jadi Morning Person!

0
6 months ago

Seiring bertambahnya usia, sebagian besar dari kita mengalami perubahan pola hidup. Seperti rutinitas bangun tidur terbiasa dilakukan di jam yang tergolong ‘kesiangan’. Hal ini biasanya disebabkan rutinitas tidur malam yang terlalu larut atau bahkan dilakukan pada dini hari. Padahal bangun tidur lebih pagi di antara jam 5 sampai jam 8 pagi merupakan rutinitas yang disarankan para ahli kesehatan.

Untuk bisa menjadi morning person yang terbiasa bangun pagi, selain mengatur pola hidup, kamu bisa coba memahami apa saja alasan mengapa kita jauh lebih baik rutin bangun pagi. Ini dia beberapa alasan yang bisa bikin kamu jadi morning person.

Memperlancar Metabolisme Tubuh. Sistem metabolisme dalam tubuh ini wajib diperhatikan karena akan mempengaruhi kondisi tubuh kita. Salah satu cara memperlancar sistem metabolisme ialah mengatur jadwal bangun dan tidur setiap harinya. Ketika sistem metabolisme lebih lancar, maka kerja tubuh dalam memproses asupan yang kita konsumsi sehari-hari akan menjadi baik. Sehingga menghasilkan energi yang membuat kita jadi lebih produktif.

Mood Lebih Stabil. Alasan lain yang harus dipahami adalah bangun lebih pagi setiap hari akan membuat mood-mu jadi lebih stabil. Ada banyak dari kita yang jadi kurang semangat atau merasa kondisi tubuh kurang baik karena mood sering tidak stabil. Masalah kestabilan mood ini memang lebih sering dihadapi oleh kaum perempuan dengan hormon estrogen yang mudah berubah-ubah.

Meningkatkan Kerja Otak. Lebih rutin bangun di pagi hari sebelum jam 8 pagi akan membantu meningkatkan kerja otak kita. Ini dipengaruhi pikiran yang jadi lebih fresh dan kemampuan otak terhadap problem solving ikut meningkat. Kebiasaan bangun lebih siang membuat fungsi otak jadi berkurang dan mengganggu kinerja organ-organ dalam tubuh.

Tidur Malam Lebih Berkualitas. Alasan berikutnya adalah kualitas tidur malam akan jadi lebih baik. Kualitas tidur rutin di malam hari ini akan sangat mempengaruhi daya tahan tubuh kita. Saat tubuh bangun lebih awal, maka keinginan untuk istirahat tidur di malam hari pun jadi lebih awal pula. Kamu bisa menghindari begadang yang tidak perlu akibat mengalami kesulitan tidur.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode