Search
Generic filters
Exact matches only

Ini Alasan Kenapa Liburan Itu Penting Bagi Kesehatan

0
6 months ago

Selain untuk melepas kejenuhan dan kepenatan saat menjalani rutinitas, liburan ternyata juga disarankan para ahli untuk menjaga kesehatan, lho. Pasti kamu penasaran kenapa para ahli menyarankan kita untuk berlibur secara berkala. Ini alasan mengapa liburan itu penting bagi kesehatan:

Mengurangi stress. Rasa stres bisa berkontribusi terhadap penyakit jantung dan tekanan darah tinggi. Untuk pria dan wanita, liburan setiap 2 tahun sekali, bisa mengurangi risiko penyakit jantung koroner, maupun serangan jantung yang mematikan. Liburan merupakan salah satu cara untuk menghilangkan stres dari pikiran, sehingga jantung bisa sehat dan jauh dari penyakit.

Meningkatkan sistem imun. Ketika melakukan perjalanan, tubuh akan beradaptasi dengan lingkungan baru dan kemungkinan akan bertemu dengan berbagai macam bakteri baru yang mungkin dapat berbahaya bagi tubuh. Tubuh yang terus beradaptasi ternyata tidak membuat antibodi semakin lemah, justru sebaliknya antibodi dapat semakin kuat dalam melawan berbagai patogen. Hal iniĀ  yang membuat orang yang sering melakukan perjalanan tidak mudah terserang penyakit.

Menjaga kebugaran. Dengan adanya berlibur mengharuskan untuk melakukan aktivitas fisik seperti hiking, berenang, olahraga dan kegiatan yang lainnya. Berlibur membuat otot-otot tubuh menjadi terlatih kembali.

Meningkatkan kesehatan mental. Ahli saraf telah menemukan bahwa struktur otak di tubuh, diubah oleh paparan kronis terhadap hormon stres atau hormon kortisol, yang mampu menyebabkan kecemasan dan depresi. Dengan berlibur, kita bisa mendapatkan perasaan tenang dan tidak dihantui segala pikiran yang memberatkan. Hal ini akan membuat tubuh untuk menjaga kesehatan mental.

Meningkatkan konsentrasi. Berlibur tentunya membuat pikiran menjadi lebih jernih sehingga pikiran yang jernih dapat meningkatkan konsentrasi

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode