Search
Generic filters
Exact matches only

Ini Alasan Kenapa Uangmu Selalu Habis Padahal Baru Gajian

0
6 months ago

Sibuk produktif bekerja setiap hari sampai mengambil jadwal lembur bukan berarti isi saldo di rekening bisa aman-aman saja. Tidak sedikit dari kita, mengalami masa sulit di tengah hingga akhir bulan karena uang gaji yang sudah habis duluan di awal bulan. Permasalahan ini lebih sering dialami kaum milenial dan generasi muda yang baru saja terjun ke dunia kerja.

Menganggap Kehidupan Sosial Lebih Penting. Satu alasan yang bikin gaji selalu habis duluan adalah karena kebanyakan kaum milenial sebagai generasi ‘kekinian’ menganggap kehidupan sosial sangat penting. Khususnya yang berhubungan media sosial. Menjalankan gaya hidup konsumtif dianggap menjadi aktivitas yang tidak boleh dilewatkan. Mulai dari berbelanja produk-produk terbaru, hingga menghabiskan waktu di café atau coffee shop.

Menghabiskan waktu untuk kumpul bersama teman di café dan coffee shop sekilas tampak biasa saja karena memiliki tujuan menjaga tali pertemanan, atau pun hanya ingin sekadar refreshing setelah menghabiskan banyak tenaga untuk bekerja. Namun kegiatan semacam ini kemungkinan besar membuat ketagihan.

Mendahulukan Keinginan daripada Kebutuhan. Gaya hidup ini juga meliputi bagaimana kita melepas uang demi mendapatkan sesuatu yang diinginkan. Banyak sekali yang membeli barang berdasarkan ‘keinginan’ dibanding ‘kebutuhan’. Seperti barang-barang golongan kebutuhan sekunder. Misalnya perlengkapan fashion, produk make up, atau barang lain yang sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan.

Para generasi muda kelompok milenial sering menganggap bahwa menunjukan identitas diri adalah hal yang harus dilakukan. Mereka lebih cuek dan rela melakukan segalanya demi mengekspresikan diri. Memperlihatkan bagaimana mereka mampu melakukan apa yang menurut mereka ‘gue banget’. Serta mereka yang selalu bisa mengikuti trend terkini, tidak ketinggalan zaman.

Memaksakan Diri Berlibur Demi Mengikuti Gaya Selebgram. Alasan lainnya yang membuat gaji habis duluan di awal bulan berupa banyaknya generasi muda yang memaksakan diri untuk bisa berlibur ke sana ke mari demi mengikuti gaya para selebgram. Pada akhirnya merencanakan liburan dengan prinsip bersenang-senang dan mengabadikan momen untuk diunggah melalui media sosial tanpa perencanaan yang matang.

Kegiatan berlibur tanpa perencanaan, khususnya dalam hal budget ini lah yang membuat uang gajimu akan terasa cepat habis. Agar merasa tenang di akhir bulan dan tetap bisa menabung, belajar membuat catatan keuangan pribadi merupakan satu solusi tepat. Kamu bisa memperhitungkan jumlah uang yang keluar setiap minggu atau bulannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode