Search
Generic filters
Exact matches only

Ini Alasan Kita Mengantuk Setelah Makan

0
6 months ago

Ayo, siapa yang habis makan suka mengantuk? Sebenarnya kita tetap berharap tubuh kembali segar dan berenergi setelah makan. Tetapi terkadang kita justru mengalami hal lain. Bukannya bersemangat, rasa kantuk kerap kali mendera setelah makan. Apakah ini hal yang wajar?

Sebenarnya, rasa kantuk setelah makan adalah hal yang normal. Hal tersebut merupakan salah satu respon tubuh saat adanya perubahan kimia yang disebabkan oleh pencernaan. Namun, jika rasa kantuk terus menerus terjadi hingga mengganggu aktivitas, mungkin hal tersebut perlu diperhatikan. Ada banyak kemungkinan penyebab munculnya rasa kantuk setelah makan.

Pengaruh hormon selama proses pencernaan. Setelah makan, tubuh kanan melakukan proses pencernaan dengan mengubah makanan menjadi energi. Di saat yang bersamaan pula otak akan melepaskan hormon serotonin dan mempengaruhi produksi melatonin. Kedua hormon ini yang akan menyebabkan rasa kantuk setelah makan.

Pola tidur yang tidak teratur. Berkurangnya waktu tidur juga dapat menjadi penyebab munculnya rasa kantuk setelah makan. Pasalnya, tubuh akan terasa kenyang dan lebih rileks setelah makan dan membuat tubuh terasa seperti sedang beristirahat. Perasaan kantuk akan muncul terutama jika kita tidak memenuhi waktu istirahat yang cukup.

Jenis makanan yang dikonsumsi. Makanan yang memiliki kandungan protein dan karbohidrat yang tinggi dapat membuat rasa kantuk muncul setelah makan. Hal tersebut dipicu dengan tingginya kadar serotonin. Produksi serotonin dibantu oleh asam amino bernama triptofan yang banyak dijumpai pada makanan berprotein.

Kurang olahraga. Kurang olahraga dapat membuat tubuh menjadi tidak bugar dan mudah letih. Hal tersebut juga dapat menjadi pemicu rasa kantuk setelah makan. Lakukan olahraga rutin agar daya tahan tubuh meningkat dan tidak mudah lelah.

Adanya gangguan kesehatan. Beberapa kondisi medis juga dapat menyebabkan rasa kantuk setelah makan. Gangguan kesehatan tersebut diantaranya diabetes, anemia, gangguan pernapasan saat tidur, hipotiroidisme, dan intoleransi makanan.

Perlu untuk mengetahui penyebab rasa kantuk setelah makan agar kita dapat melakukan pencegahan. Jika rasa kantuk terus menerus mengganggu aktivitas, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode