Search
Generic filters
Exact matches only

Ini Bahaya Terlalu Sering Mengkonsumsi Mie Instan

0
7 months ago

Mie instan menjadi salah satu makanan favorit bagi sebagian orang. Pasalnya, selain rasa yang enak makanan yang satu ini juga mudah disajikan dan harganya terjangkau. Biasanya makanan ini banyak digemari oleh anak kos. Mie instan memang bisa menghilangkan rasa lapar yang datang, dengan rasa yang lezat dan mudah dimasak, tetapi di balik semua itu, mie instan ternyata tidak cukup untuk menggantikan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Selain itu juga menyimpan bahaya jika dikonsumsi secara berlebihan.

Tubuh kita memerlukan nutrisi yang cukup. Hal tersebut tidak bisa kita dapatkan dengan mengkonsumsi mie instan. Di dalam sebungkus mie instan ternyata memiliki kandungan karbohidrat dan lemak yang tinggi. Jika kita sering mengkonsumsinya maka berarti kita tidak mencukupi nutrisi tubuh dan justru memberikan kualitas makanan yang buruk.

Tingginya karbohidrat dan sodium/natrium di dalam mie instan juga dapat berbahaya bagi kesehatan. Untuk satu bungkus mie instan mengandung 860 mg natrium dan belum lagi kandungan natrium pada makanan lain yang dikonsumsi dalam satu hari. Sedangkan asupan natrium yang dibutuhkan tubuh tidak lebih dari 2.000-2.400 mg. Jika tubuh terus menerus mendapatkan natrium yang berlebih bisa menyebabkan hipertensi, penyakit jantung, stroke, dan kerusakan ginjal.

Rasa lezat mie instan juga muncul dari adanya kandungan MSG (Monosodium Glutamate) di dalam mie. Untuk beberapa orang yang memiliki alergi MSG, mie instan akan membahayakan kesehatan karena setelah mengkonsumsi akan timbul reaksi alergi. Reaksi yang timbul bisa berupa rasa terbakar, panas di dada, ruam kemerahan pada wajah, nyeri, sesak napas, dan sakit kepala.

Orang yang sering mengkonsumsi mie instan bisa berisiko terkena kanker. Hal ini terjadi karena mie instan memberi tekanan pada sistem pencernaan karena mencerna mie yang sudah diproses berjam-jam. Selain itu, mie instan juga mengandung bahan pengawet t-butylhydroquinone (TBHQ) dan Butylated hydroxyanisole (BHA). Kedua bahan pengawet itu bersifat karsinogenik yang dapat menyebabkan kanker.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode