Ini Dia Kebutuhan Air di Dalam Tubuh

0 7 months ago

Tahukah kamu jika tubuh manusia itu terdiri dari sekitar 50-70% nya air. Air di dalam tubuh akan membuat organ-organ di dalam tubuh dapat berfungsi dengan baik. Setiap hari tubuh akan terus kehilangan air karena aktivitas yang dilakukan, seperti keringat, napas, dan air seni. Maka dari itu, kebutuhan air di dalam tubuh harus selalu terpenuhi. Jika tidak, akan ada banyak gangguan kesehatan yang dapat menghambat aktivitas.

Saat kita tidak dapat memenuhi kebutuhan air di dalam tubuh, maka tubuh akan mengalami suatu kondisi yang disebut dehidrasi. Lalu, berapa banyak air putih yang harus diminum untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang dan agar terhindar dari dehidrasi?

Beberapa sumber ada yang mengatakan bahwa jumlah yang harus diminum adalah 8 gelas per hari. Namun, menurut ahli diet Lembaga Penelitian Australia (CSIRO), Penny Taylor menjelaskan, sebenarnya tidak ada aturan baku dan instan mengenai berapa banyak air yang perlu di minum. Kebutuhan air tiap orang berbeda-beda, tergantung faktor-faktor di sekitarnya. Beberapa faktor yang mempengaruhi kebutuhan air tiap orang di antaranya:

Lingkungan. Jumlah air yang harus diminum dipengaruhi oleh faktor lingkungan. Jika seseorang tinggal di daerah yang panas dan gersang, pasti akan sering berkeringat. Begitu pun di daerah yang tinggi dan udara yang lebih dingin juga membuat tubuh akan sering mengeluarkan cairan. Oleh karena itu, tubuh harus lebih sering minum air agar tidak dehidrasi.

Aktivitas sehari-hari. Beraktivitas yang membuat kita terus berkeringat seperti olahraga membuat kita membutuhkan konsumsi air lebih banyak.

Kondisi kesehatan. Ada beberapa kondisi kesehatan yang dapat membuat kita kehilangan air dari dalam tubuh, diantaranya saat demam, diare, dan infeksi saluran kencing. Kehilangan air dalam tubuh harus digantikan dengan banyak minum air putih.

Menyusui. Wanita yang sedang menyusui harus banyak minum air untuk menjaga kebutuhan cairan dalam tubuh.

Meskipun faktor-faktor yang mempengaruhi kebutuhan air setiap orang sudah diketahui. Tidak ada yang benar-benar bisa memastikan berapakah kebutuhan air yang ideal setiap harinya. Namun, untuk menghindari dehidrasi terjadi, hal ini yang perlu dilakukan:

  1. Jangan menunggu haus untuk minum.
  2. Minumlah air dengan segera jika tubuh berkeringat dalam jumlah yang banyak.
  3. Jika air seni berwarna keruh, bibir kering atau tenggorokan terasa kering, segeralah untuk minum air.
  4. Gunakan botol air minum literan agar bisa memantau jumlah air yang sudah kita minum.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *