Search
Generic filters
Exact matches only

Ini Dia Kelebihan dari  Tidur Nyenyak Bagi Tubuh

0
5 months ago

Aktivitas tidur merupakan rutinitas penting yang perlu diperhatikan dari segi kualitasnya. Kualitas tidur yang baik akan meningkatkan kesehatan kita. Sayangnya, tidak sedikit dari kita yang masih kurang memerhatikan kualitas tidur. Bahkan hampir setiap hari merasa tidur tidak begitu nyenyak dengan durasi 3 hingga 5 jam saja. Padahal ada banyak kelebihan dari tidur yang nyenyak dan berkualitas bagi tubuh.

Tidur nyenyak dengan durasi minimal 6 jam bagi orang dewasa menjadi kunci mendapatkan kondisi tubuh sehat dan kondisi mental yang juga lebih sehat. Nah, ini dia beberapa kelebihan dari tidur nyenyak lainnya.

Mengurangi Rasa Cemas dan Khawatir Berlebih. Ketika tidur organ-organ dalam tubuh kita ikut beristirahat. Segala hal yang sedang kita sedang rasakan seperti perasaan cemas dan khawatir akan mereda dengan sendirinya. Kamu yang memiliki kebiasaan over thinking atau pun mudah merasa cemas bisa mencoba terapi tidur berkualitas untuk mengatasinya.

Secara tidak langsung, kita membuat pikiran kita jadi lebih tenang, berhenti memikirkan yang menimbulkan rasa cemas dan khawatir. Lalu perlahan rasa cemas dan khawatir tersebut bisa menghilang dengan sendirinya.

Menghindari Stress. Menganggap kurangnya waktu tidur atau kurangnya kualitas tidur menjadi hal yang wajar akan membuat tubuh kita mengganti sistemnya sendiri. Contoh, tubuh harusnya sudah beristirahat, tetapi kita membuatnya terjaga. Maka tubuh jadi terbiasa ‘bangun’ di jam tersebut. Sehingga mengganggu organ-organ di dalam tubuh yang harusnya sudah ‘tidur’.

Saat itu tubuh kita secara otomatis mengeluarkan sinyal ada yang tidak beres. Menciptakan rasa stress yang terkadang tidak kita sadari apa penyebabnya. Faktanya rasa stress tersebut dirasakan karena sistem tubuh yang berubah dan membuatnya kelelahan fisik mental.

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh. Tidur nyenyak juga mendatangkan kelebihan berupa peningkatan daya tahan tubuh. Melatih tubuh untuk rutin beristirahat dengan durasi yang cukup dan nyenyak setiap malamnya akan meningkatkan kerja tubuh dalam melawan berbagai penyakit, virus, dan bakteri yang bisa menyerang kapan pun.

Kamu bisa hindari konsumsi asupan yang jelas mengganggu kualitas tidur seperti nikotin, alkohol, dan kafein. Selain itu batasi kegiatan yang juga membuat tidur di malam hari jadi kurang maksimal. Batasi durasi tidur di siang hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode