Search
Generic filters
Exact matches only

Ini Fakta Tentang Kentut yang Harus Kamu Tahu!

0
8 months ago

Semua orang pasti pernah kentut. Kentut merupakan hal normal bagi manusia. Bahkan dalam satu hari tanpa sadar seseorang bisa kentut sebanyak lebih dari sepuluh kali. Tetapi pernah tidak kamu bertanya kenapa tubuh kita mengeluarkan gas berbau tidak sedap itu?

Kentut atau flatulensi adalah proses keluarnya gas melalui anus. Proses ini diawali dengan pencernaan dan penyerapan makanan yang terjadi di usus halus. Makanan yang tidak tercerna dan sulit diserap tubuh akan dibuang ke usus besar. Dalam usus besar akan terjadi proses menghancurkan makanan yang tidak dapat dicerna tersebut dan mengambil energi melalui proses fermentasi yang dibantu oleh sejumlah bakteri yang menetap di usus besar. Proses ini akan menghasilkan gas. Jenis gas yang diproduksi di antaranya karbondioksida (CO2), hydrogen (H2) dan metan. Dari ketiga gas tersebut yang membuat aroma kentut menjadi tidak sedap adalah gas metan.

Ada beberapa makanan yang membuat kentut berbau tidak sedap. Contohnya adalah kol dan bawang. Tetapi alasan kentut berbau tidak selalu karena makanan yang kita konsumsi. Penyebabnya juga bisa gas yang berasal dari luar tubuh seperti nitrogren (N2) dan oksigen (O2) yang disebabkan pola makan yang tidak benar.

Lalu kenapa ada kentut yang berbunyi dan tidak berbunyi? Hal ini sangat tergantung pada berapa banyak gas yang terkumpul di dalam usus dan severa cepat gas tersebut dikeluarkan oleh tubuh. Selain itu bunyi kentut juga tergantung dari seberapa rapat otot sfingter pada anus. Gas yang keluar akan menyebabkan getaran saat gas mendorong keluar. Jika otot sfingter rileks makan suara kentut akan lebih pelan. Sebaliknya, jika otot sedang tegang maka suara yang dikeluarkan kentut akan melengking dan nyaring.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode