Search
Generic filters
Exact matches only

Ini Kelebihan dan Kekurangan Menstrual Cup yang Harus Kamu Ketahui

0
6 months ago

Saat ini menstrual cup mulai banyak diminati oleh kaum wanita untuk menggantikan pembalut atau tampon. Alat yang satu ini juga biasa disebut dengan cawan menstruasi. Menstrual cup bekerja dengan cara menampung cairan darah yang keluar dan tidak menyerapnya seperti yang dilakukan pembalut atau tampon. Alat ini jauh lebih ramah lingkungan karena dapat digunakan berkali-kali selama bertahun-tahun sehingga tidak akan menghasilkan sampah pembalut yang sulit terurai.

Sebelum memutuskan untuk menggunakan menstrual cup, ada baiknya kita ketahui dahulu kelebihan dan kekurangan alat ini.

Kelebihan yang diberikan menstrual cup di antaranya:

Aman digunakan dan lebih ramah lingkungan. Pada menstrual cup tidak ada pewangi buatan maupun bahan pemutih seperti yang ada pada pembalut sehingga permukaan vagina tidak mudah teriritasi oleh paparan bahan kimia. Alat ini juga dapat digunakan berkali-kali bahkan hingga tahunan.

Dapat menyesuaikan ukuran sesuai dengan kenyamanan. Anda dapat mengatur dan menyesuaikan posisi menstrual cup di dalam vagina untuk menentukan kenyamanan anda baik saat duduk, berjalan, berolahraga, dan beraktivitas.

Mudah dibersihkan. Penggunaan menstrual cup hanya membutuhkan air untuk membersihkannya. Selain itu alat ini jauh lebih ringkas dan mudah saat membersihkannya.  

Dapat digunakan berulang kali dan tidak perlu sering diganti. Tidak seperti pembalut dan tampon yang harus diganti dan dibuang setelah pakai, menstrual cup dapat digunakan kembali setelah dipakai dan di bersihkan. Masa tampung menstrual cup juga sekitar 5-7 jam dan kita dapat memperkirakan volume cairan yang keluar saat menstruasi.

Tidak menimbulkan bau. Menstrual cup bekerja dengan cara menampung sehingga darah yg keluar tidak terpapar udara dan tidak akan menimbulkan bau.

Menjaga pH dan bakteri baik dalam vagina. Menstrual cup tidak mengganggu keseimbangan pH karena hanya menampung darah saja.

Selain kelebihan tentang kamu juga harus tahu kekurangan dalam menggunakan menstrual cup agar dapat melakukan tindakan pencegahan sebelum menggunakannya. Kekurangan itu di antaranya:

Cukup sulit untuk digunakan. Karena alat ini digunakan dengan cara dimasukkan ke dalam vagina, prosesnya cukup menyulitkan bagi sebagian wanita yang belum terbiasa karena harus memasukkan dan mengeluarkan benda asing dari dalam vagina.

Lebih berantakan jika tidak hati-hati. Saat mencabut menstrual cup bisa membuat darah yang tertampung terciprat dan tercecer bila tidak dilakukan dengan hati-hati.

Harus menemukan ukuran yang cocok agar nyaman digunakan. Ada banyak ukuran menstrual cup. Untuk anda yang baru pertama kali mungkin perlu mencoba beberapa ukuran untuk mendapatkan ukuran yang tepat dan membuat anda nyaman.

Dapat menimbulkan alergi. Menstrual cup terbuat dari bahan lateks atau silikon dan ada beberapa orang yang memiliki alergi terhadap bahan tersebut sehingga harus lebih berhati-hati.

Diperlukan perawatan ekstra. Selain dibersihkan dengan air bersih, menstrual cup juga perlu disterilisasi setiap bulan agar tetap higienis dan aman digunakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode