Search
Generic filters
Exact matches only

Ini Penyebab Keriput Karena Terlalu Lama Berada di Air

0
6 months ago

Pernah mengalami jari-jari tangan dan kaki keriput setelah berendam atau saat terlalu lama terkena air? Tahukah kamu apa yang menyebabkan hal itu terjadi? Keriput di jari kaki dan tangan biasanya terjadi ketika kita terlalu lama terkena air seperti saat berendam atau berenang. Biasanya keriput akan menghilang dengan cepat saat tubuh kita sudah tidak basah lagi. Apa yang sebenarnya terjadi dengan kulit kita sampai terjadinya keriput?

Menurut beberapa penelitian yang dilakukan, jari kaki dan tangan menjadi keriput merupakan hasil dari proses osmosis. Proses tersebut terjadi saat air yang menyentuh kulit akan ikut menarik sejumlah senyawa dari dalam kulit, sehingga membuat kulit menjadi kering dan keriput.

Kulit memiliki lapisan terluar yang disebut epidermis. Lapisan inilah yang bertanggung jawab atas munculnya keriput di jari kaki dan tangan. Lapisan epidermis mengandung sel keratin yang berfungsi untuk memperkuat dan menjaga kelembaban kulit. Di dalam lapisan tersebut sel-sel keratin akan membelah dengan cepat di bagian bawah epidermis dan mendorong ke atas sel-sel lain yang lebih tinggi. setelahnya, beberapa sel keratin akan mati dan menciptakan lapisan epidermis sendiri yang disebut stratum korneum.

Ketika jari tangan atau kaki terendam, sel keratin akan menyerap air dan sel keratin yang mati juga akan menyerap air dengan mudah dan mulai membengkak. Akibatnya, lapisan stratum korneum mengeriput. Keriput hanya akan muncul di jari-jari kaki dan tangan karena pada bagian tersebut lapisan epidermisnya cukup tebal daripada kulit pada bagian lainnya.

Selain itu, kulit manusia juga akan menghasilkan sebum yang berasal dari kelenjar minyak. Fungsinya agar membuat kulit tetap lembab dan terlindungi. Jika kulit terendam air dalam waktu yang cukup lama maka sebum juga akan hilang dan membuat air meresap ke lapisan kulit terluar sehingga membuat kulit menjadi keriput.

Sebenarnya kulit jari kaki dan tangan keriput saat terlalu lama terkena air adalah kondisi yang wajar dan umum terjadi. Keriput akan segera menghilang ketika bagian tersebut sudah mengering.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode