Search
Generic filters
Exact matches only

Ini Vitamin dan Nutrisi yang Dibutuhkan Mata Kamu

0
7 months ago

Ternyata ada banyak vitamin dan nutrisi yang dibutuhkan untuk mata agar tetap dalam kondisi prima. Nah, kamu tentu ingin menjaga kondisi mata karena seperti yang dikatakan oleh orang bijak, mata adalah jendela dunia. Melalui mata kita melihat dan dapat melakukan banyak hal. Jadi pastikan kamu mengkonsumsi tujuh vitamin dan nutrisi di bawah ini, ya.

Vitamin A (Beta Carotene). Pastikan kamu mengkonsumsi vitamin A karena vitamin sangat diperlukan untuk mencegah kebutaan dan kekeringan pada mata yang disebabkan oleh defiensi vitamin A. Selain itu vitakin A juga berfungsi sebagai antioksidan untuk mencegak penyakit degeneratif seperti katarak dan makula. Sangat mudah untuk mengkonsumsi vitamin A, kamu bisa mendapatkannya dengan mengonsumsi buah dan sayur yang berwarna merah atau oranye seperti tomat dan wortel.

Vitamin C. Banyak sekali manfaat dari antioksidan vitamin C. Salah satunya yaitu untuk melindungi penglihatan dan melawan radikal bebas. Vitamin C juga dapat dengan mudah ditemukan pada buah jeruk, jambu merah, cabai, lemon dan brokoli.

Vitamin E. Vitamin ini akan bekerja sama dengan vitamin A dan C untuk menjaga sel dan jaringan agar tetap kuat dan terlindungi dari efek peradangan. Vitamin E juga dapat menurunkan resiko terkena katarak. Vitamin E dapat ditemukan pada pada buncis, kacang Panjang, tiram, daging merah, dan yoghurt.

Lutein Lutein mungkin termasuk nutrisi yang jarang didengar tetapi ternyata lutein merupakan antioksidan yang bertugas sebagai pelindung mata dari cahaya yang berlebihan. Lutein dapat ditemukan pada sayuran bayam, kuning telur, dan kacang polong hijau.

Zeaxanthin. Nutrisi ini memiliki fungsi yang sama dengan lutein. Mereka akan melindungi jaringan mata, lensa dan makula yang menajamkan penglihatan, menjaga sensitivitas cahaya, dan gangguan mata seperti katarak.

Zinc. Zic atau seng merupakan salah satu nutrisi penting yang membantu penyerapan nutrisi dan melawan peradangan dan kerusakan sel. Seng dan vitamin lain saling bantu membantu dalam melindungi retina dan menurunkan resiko degenerasi makula. Seng dapat diperoleh dari sumber makanan seperti ikan, daging, kambing, sapi, serta kacang-kacangan.

Asam Lemak Omega-3. Asam Lemak Omega-3 berfungsi untuk membantu melawan kerusakan mata yang disebabkan oleh diabetes, dapat meningkatkan sirkulasi dan membantu menghentikan sel untuk bermutasi. Omega 3 dapat dipenuhi dari minyak ikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode