Search
Generic filters
Exact matches only

Inilah fungsi dari domain name system

0
5 months ago

DNS atau singkatan dari domain name system merupakan sebuah server yang dapat melayani permintaan dari komputer client yang berfungsi untuk mengetahui alamat yang digunakan oleh sebuah domain. Untuk menggunakan server DNS harus memasukkan alamat dari server tersebut ke dalam pengaturan IP Address pada komputer.

DNS Server berfungsi sebagai sebuah database server yang dapat menyimpan alamat IP yang digunakan untuk penamaan hostname. Ketika pengguna mengetik yahoo,com maka DNS server lah yang akan menerjemahkan ke alamat IP kemudian menghubungkan ke yahoo.com serta akan dapat menampilkan yahoo.com pada layar pencarian.

Pada dasarnya, DNS mempunya tiga buah komponen. Komponen pertama bernama DNS resolver, DNS resolver ini merupakan komputer client yang merupakan komputer pengguna dimana mereka lah pihak yang membuat permintaan DNS dari suatu program aplikasi. Komponen yang kedua ada Recursive DNS server. Recursive DNS server merupakan pihak yang akan melakukan pencarian yang diminta oleh DNS resolver dan setelah itu memberikan jawaban pada resolver tersebut. Untuk komponen yang ketiga adalah Authoritative DNS server. Authoritative DNS server sebagai pihak yang akan memberikan sebuah respon ketika recursive DNS server melakukan pencarian berdasarkan permintaan dari DNS resolver, respon yang diberikan oleh author DNS server dapat berupa jawaban ataupun delegasi ke pada DNS server lainnya.

Ketika DNS server menjalankan tugasnya, maka memerlukan program client yang bernama resolver supaya dapat menghubungkan setiap komputer user dengan server DNS. Program resolver tersebut adalah sebuah web browser ataupun mail client sehingga untuk menghubungkan ke suatu server DNS maka pada perangkat komputer client harus memiliki web browser atau email client. Itulah bahasan singkat tentang fungsi dari DNS, semoga bisa bermanfaat dan terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode