Search
Generic filters
Exact matches only

Inilah Penyebab Bibir Kering dan Pecah-Pecah

0
6 months ago

Bibir memiliki tekstur permukaan kulit yang berbeda daripada permukaan kulit pada bagian lainnya. Bibir memiliki lapisan kulit yang sangat tipis dan transparan. Warna merah pada bibir berasal dari konsentrasi dan kedekatan jarak antara lapisan terluar bibir dengan permukaan pembuluh darah di bawahnya. Permukaan kulit bibir berbeda dengan kulit lainnya. Bibir tidak memiliki kelenjar minyak sehingga akan lebih mudah kering dan pecah-pecah. Masalah kesehatan yang satu ini memang umum terjadi. Namun untuk beberapa orang, kondisi tersebut akan mengganggu penampilan dan membuat bibir terasa tidak nyaman. Ini beberapa alasan yang biasanya menyebabkan bibir kering dan pecah-pecah:

Dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh. Bibir kering dan pecah-pecah bisa menjadi sebuah sinyal jika tubuh sedang kekurangan cairan. Pasalnya, air dalam tubuh yang seharusnya bisa menghidrasi kulit. Namun, ketika kekurangan cairan, yang seharusnya menghidrasi kulit berkurang sehingga menyebabkan bibir kering dan pecah-pecah.

Bernafas dengan mulut. Ketika saluran pernapasan terganggu, seringkali pilihan lainnya adalah bernapas dengan mulut. Seringnya aliran udara keluar masuk melalui mulut membuat permukaan bibir akan mengering hingga pecah-pecah.

Kebiasaan menjilat bibir. Menjilat bibir memang sesuatu yang sepele dan kadang dilakukan tanpa sadar. Tujuannya untuk membasahi bibir agar tidak kering. Sebenarnya air liur akan mengikat kelembapan bibir sehingga ketika menguap, bibir akan menjadi lebih kering dan kelembapan menghilang.

Paparan sinar matahari. Tidak hanya kulit, bibir dengan lapisan permukaan yang tipis juga perlu terlindung dari paparan sinar matahari. Sinar UV dapat membuat bibir menjadi kering, pecah-pecah, dan mengelupas.

Penggunaan lipstick. Lipstick yang diaplikasikan ke permukaan bibir yang berjenis matte atau tahan lama juga akan membuat bibir kering dan pecah-pecah. Hal tersebut terjadi karena lipstick akan meresap kedalam permukaan bibir dan mongering.

Efek samping obat-obatan. Saat seseorang dalam masa pengobatan, obat-obatan yang dikonsumsi juga akan membuat bibir kering dan pecah-pecah. Seperti konsumsi vitamin A, konsumsi obat-obatan gangguan bipolar, dalam pengobatan kemoterapi, dan konsumsi obat anti jerawat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode