Search
Generic filters
Exact matches only

Jadi Orang Produktif, Kenapa Tidak?

0
5 months ago

Pernahkah kamu berpikir mengapa sebagian orang begitu sangat produktif dalam mengerjakan suatu hal? Sedangkan diri sendiri masih merasa harus berdamai dengan masalah konsentrasi. Rasanya sulit sekali untuk fokus pada satu hal yang seharusnya bisa dikerjakan karena banyak godaan yang sering muncul. Akibatnya, kamu jadi bingung harus memulai dari mana.

Bisa jadi, kamu sendiri pun tidak tahu sebenarnya apa sih arti produktif? Produktif artinya mampu menggali potensi yang dimiliki sehingga dapat menghasilkan ‘sesuatu’. Tentu, perjuangan menghasilkan ‘sesuatu’ ini tidak mudah, perlu adanya fokus dan keinginan yang kuat untuk mengubah menjadi orang yang produktif.

Selain kamu bisa menghasilkan banyak ‘sesuatu’, kebiasaan produktif dapat memicu kamu untuk lebih semangat dalam berkarya, bisa memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya, kehidupan jadi lebih seimbang, dan potensi kamu otomatis akan lebih tergali secara maksimal, sehingga semakin dekat untuk meraih kesuksesan hidup.

Jadi orang yang produktif tidak sulit. Apalagi di jaman yang serba canggih seperti sekarang sudah memakai teknologi yang dapat memudahkan kita untuk berkreasi. Jangan sampai malah justru kita yang diperbudak oleh teknologi karena ketidakmauan kita untuk menghasilkan sesuatu. Teknologi diciptakan bukan untuk memundurkan produktivitas itu sendiri.

Ketika ingin menjadi orang yang produktif, hal pertama yang harus dilakukan adalah mencari tahu terlebih dahulu apa alasan kuat yang mendasari kita untuk produktif. Untuk mendapat alasan kuat tersebut, kita harus menyadari bahwa waktu hidup sangat terbatas dan sangat disayangkan jika kita menghabiskan waktu itu secara sia-sia tanpa ada produktivitas sama sekali.

Semakin kamu memiliki alasan yang kuat terhadap suatu hal, maka akan memudahkan kamu dalam mengejar hal tersebut. Jangan pikirkan yang lain, jika kamu belum memiliki alasan kuat mengapa ingin menjadi pribadi yang produktif. Fokuslah pada alasan yang kuat. Bila perlu, catat jawaban alasannya pada sebuah kertas lalu tempel kertas tersebut di tempat yang sering kamu lihat supaya selalu mengingatkan diri sendiri untuk selalu produktif dalam hidup ini.

Daftar Pustaka:

Rahmawan, A. (2015). Simply Productive: Never Waste Your Time. Bogor: CerdasMulia.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode