Search
Generic filters
Exact matches only

Jaga Kesehatan dengan Rutin Mengkonsumsi Buah-Buah Ini

0
8 months ago

Sudah bukan rahasia jika vitamin C merupakans alah satu vitamin yang memiliki banyak kegunaan bagi kesehatan. Salah satunya sebagai nutrisi pembentuk kolagen yang sangat dibutuhkan tubuh untuk memperbaiki kulit, tulang dan gigi. Vitamin C juga memiliki peranan penting untuk menjaga dan meningkatkan daya tahuan tubuh. Selain itu juga sebagai antioksidan yang berfungsi untuk menangkal kerusakan oleh radikal bebas.

Ini alasan mengapa kita disarankan untuk mengkonsumsi vitamin C setiap hari. Dosis aman vitamin C yang dibutuhkan oleh tubuh yaitu 500 miligram per hari. Dosis kebutuhan ini akan meningkat jika kita mengalami infeksi atau dalam proses pemulihan. Sumber vitamin C bisa kita temukan dengan mudah dalam buah-buahan yang bisa kita temukan dan konsumsi setiap hari, diantaranya:

Jambu biji yang dikenal kaya akan vitamin C. Dalam sebuah jambu biji terkandung sekitar 125 miligram vitamin C.

Jeruk dikenal sebagai salah satu sumber vitamin C. Satu buah jeruk mengandung kurang lebih 70 miligram vitamin C. Banyak cara untuk memakan buah yang satu ini seperti dijadikan jus atau selai.

Pepaya bukanlah buah yang asam tetapi kandungan vitamin C nya cukup tinggi. Untuk 150 gram buah pepaya terkandung 90 miligram vitamin C. Pepaya juga dipercaya mampu mencegah demensia dan kanker juga dapat menyehatkan saluran pencernaan.

Stroberi menjadi buah yang banyak mengandung vitamin C. Dalam 150 gram buah stroberi terkandung 90 miligram vitamin C. Stroberi juga mengandung antioksidan yang tinggi berupa antosianin.

Cabe merah yang sering dikira bagian dari sayur ini sebenarnya adalah buah. Cabai menjadi salah satu bumbu masakan yang umum dikonsumsi di Indonesia. Sekitar 80 gram cabai terkandung sekitar 100 miligram vitamin C.

Mangga menjadi buah musiman yang memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Dalam segelas jus mangga terkandung 120 miligram vitamin C.

Nanas juga menjadi salah satu sumber vitamin C. Dalam 100 gram buah nanas terkandung sekitar 80 miligram vitamin C.

Kiwi menjadi salah satu sumber vitamin C dengan harga yang lumayan mahal. Dalam 1 buah kiwi terkandung sekitar 65 miligram vitamin C.

Lemon terkenal dengan asamnya juga mengandung vitamin C. Dalam sebuah lemon mengandung sekitar 85 miligram vitamin C.

Buah-buahan tersebut mudah ditemukan di pasar tradisional maupun supermarket. Pastikan setiap harinya mengkonsumsi buah dengan sumber vitamin C dengan porsi yang cukup, sesuai jumlah kebutuhan harian yang direkomendasikan, ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode