Search
Generic filters
Exact matches only

Jangan Panik, Atasi Kram Otot Dengan Cara Ini

0
6 months ago

Pernah mengalami kram otot tiba-tiba? Pasti rasanya cukup menyakitkan dan membuat kita sulit bergerak. Biasanya kram otot terjadi ketika terlalu lelah, tidak melakukan pemanasan sebelum berolahraga, melakukan gerakan yang salah, mengalami dehidrasi, atau kekurangan elektrolit.

Biasanya saat seseorang mengalami kram otot, orang tersebut akan panik. Padahal panik yang dirasakan dapat memperparah rasa nyeri dan sakit. Sebenarnya kondisi kram otot merupakan hal yang wajar dialami oleh otot. Lalu, apa yang harus kita lakukan jika mengalami kram otot?

Jangan panik dan tetap tenang. Kebanyakan orang saat mengalami kram otot akan panik dan menggerak-gerakkan bagian tubuh yang mengalami kram. Padahal tindakan tersebut merupakan tindakan yang salah karena hanya akan membuat rasa nyeri semakin parah. Tetaplah tenang dan rileks agar otot juga lebih rileks sehingga kram cepat menghilang.

Meluruskan tubuh. Segera luruskan bagian tubuh yang kram seperti posisi kaki yang tertekuk. Biasanya saat keadaan tubuh mulai rileks, kram otot juga perlahan akan menghilang.

Lakukan stretching. Lakukan peregangan pada otot yang kram untuk memulihkan kondisi otot. Awalnya memang terasa sakit namun saat otot sudah kembali ke posisi normal, rasa sakit akan mereda dan bagian yang kram akan segera pulih.

Hentikan aktivitas. Pada beberapa kondisi kram akan pulih dengan cepat. Namun, jika kram yang dialami cukup parah bisa kumat kembali. Sebaiknya hentikan aktivitas dan biarkan otot-otot beristirahat terlebih dahulu. Jika dirasa sudah pulih secara maksimal baru mulai beraktivitas kembali.

Kompres bagian kram dengan handuk dingin. Kompres dingin dapat membantu mengurangi nyeri pada otot-otot yang sedang kram. Kompres bagian tubuh yang kram dengan handuk dingin dan lakukan peregangan agar otot kembali pulih dengan cepat.

Berikan cairan elektrolit. Kram juga bisa diakibatkan karena seseorang mengalami dehidrasi. Ganti dengan segera cairan tubuh dengan meminum cairan elektrolit agar tidak kekurangan cairan tubuh dan terhindar dari kram otot.

Mandi atau berendam dengan air hangat. Air hangat dapat membuat otot-otot lebih rileks sehingga otot yang kram dapat rileks dan pulih dengan cepat.

Dengan melakukan langkah-langkah diatas, kita dapat menangani kram otot yang terjadi. Jika kram otot dirasakan terus menerus, maka segera periksakan ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode