Search
Generic filters
Exact matches only

Jangan Salah Kaprah Mengenai Manfaat Infused Water

0
6 months ago

Pernah mendengar infused water? Rasanya tidak mungkin jika ada yang belum pernah mendengar tentang infused water. Minuman yang satu ini sedang menjadi tren karena dipercaya sehat dan membawa pengaruh baik bagi tubuh. Semakin banyak yang tertarik untuk mengonsumsinya. Tetapi apa sebenarnya infused water itu?

Secara sederhana, infused water merupakan campuran air dan potongan buah atau herbal yang sudah didiamkan selama beberapa waktu. Untuk membuat infused water biasanya orang menggunakan botol atau tempat minum kemudian disimpan di kulkas agar lebih segar saat dikonsumsi. Infused water bisa dijadikan sebagai alternatif jika kurang suka minum air putih. Dengan adanya campuran buah-buahan dapat memberikan rasa baik masam maupun manis dan memberikan aroma segar bagi infused water.

Buah-buahan yang dapat digunakan sebagai bahan infused water di antaranya apel, lemon, kiwi, jeruk, anggur, strawberry, blueberry, pir, atau mentimun. Buah-buahan yang digunakan biasanya bertekstur kasar dan tidak mudah hancur. Jika menggunakan buah-buahan yang bertekstur lunak seperti pepaya, mangga, pisang, sirsak, atau alpukat akan lebih cepat masam jika direndam dalam waktu lama.

Infused water dipercaya dapat menurunkan berat badan. Campuran lemon pada infused water dinilai dapat menurunkan berat badan karena mengandung pektin. Pektin merupakan sejenis serat yang bisa memberikan rasa kenyang sehingga dapat mengurangi asupan kalori karena tidak mudah lapar. Faktanya, kandungan pektin pada lemon tidak sebanyak yang dikira sehingga belum tentu bisa menurunkan berat badan.

Buah-buah dalam campuran infused water  biasanya yang kaya akan vitamin C dan antioksidan. Hal tersebut membuat klaim jika infused water dapat menyehatkan kulit dan menghambat penuaan. Faktanya, untuk menjaga kesehatan kulit, kita perlu mencukupi kebutuhan gizi pada tubuh dan menerapkan pola makan sehat.

Klaim manfaat infused water lainnya dapat membuang racun di dalam tubuh. Belum ada penelitian yang membuktikan manfaat infused water yang satu ini. Pasalnya, tubuh memiliki cara sendiri untuk menghilangkan racun yang menumpuk dalam tubuh. Organ yang berperan dalam menghilangkan racun adalah ginjal dan hati.

Meskipun belum ada penelitian yang membuktikan mengenai manfaat dari infused water, bukan berarti infused water tidak baik untuk dikonsumsi.  Selain itu infused Water juga dapat menjadi pengganti air putih sehingga tubuh terhindar dari dehidrasi. Selain itu, infused water juga bisa menjadi alternatif cara sehat untuk minum vitamin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode