Search
Generic filters
Exact matches only

Jangan Sampai Salah Sebut! Kenali Perbedaan Wabah, Epidemi, Pandemi, dan Endemi

0
8 months ago

Wabah, epidemi, pandemi dan endemi merupakan istilah-istilah yang berhubungan dengan pola penyebaran penyakit. Cabang ilmu dalam dunia kesehatan yang mempelajari tentang pola penyebaran penyakit atau kejadian yang berhubungan dengan kesehatan ini disebut epidemiologi. Dalam aplikasinya, epidemiologi akan melakukan investigasi terhadap suatu kejadian yang berhubungan dengan kesehatan pada lingkup masyarakat tertentu agar bisa dikontrol.

Dalam epidemiologi, ada beberapa masalah kesehatan yang memerlukan investigasi lebih lanjut. Masalah kesehatan tersebut bisa berbeda berdasarkan daerah yang terjangkit atau penyakit yang menjangkiti. Berikut beberapa faktor yang memengaruhi epidemiologi diantaranya:

  • Adanya paparan lingkungan yang berasal dari logam berat, timbal, dan polusi udara yang dapat memicu berbagai penyakit.
  • Penyakit infeksi menular seperti influenza dan tuberkulosis.
  • Penyakit tidak menular seperti kanker atau bayi yang lahir dengan cacat bawaan.
  • Bencana alam seperti banjir dan tanah longsor.

 

Wabah, epidemi, pandemi, dan endemi merupakan istilah dalam epidemiologi yang sering kita dengar apabila terdapat suatu kejadian serta adanya penyebaran penyakit. Istilah-istilah tersebut berhubungan dengan penyakit serius. Ada baiknya kita mengetahui lebih detail mengenai istilah-istilah tersebut.

Istilah yang pertama yaitu wabah. Wabah adalah terjadinya suatu penyakit dalam masyarakat yang menjangkiti orang banyak pada daerah tertentu atau di musim tertentu. Contoh wabah yaitu demam berdarah yang terjadi di saat musim penghujan. Suatu kejadian dikatakan sebagai wabah Ketika adanya penyakit yang sudah lama tidak pernah menjangkiti masyarakat, adanya penyakit baru yang sebelumnya tidak diketahui dan baru pertama kali menjangkiti masyarakat di daerah tersebut.

Epidemi dikenal sebagai kondisi yang menyerupai wabah hanya saja dalam skala yang lebih besar dan menyebar. Epidemi ditetapkan ketika suatu wilayah terkena penyakit menular dan kejadiannya terjadi secara cepat. Seperti yang terjadi ditahun 2003 adanya penyakit SARS (Savere Acute Respiratory Syndrome) yang menjangkiti hampir di seluruh dunia dan menelan banyak korban jiwa

Kemudian kita mengenal pandemi. Suatu kejadian dikatakan pandemi ketika wabah penyakit terjadi secara luas di seluruh dunia (mencakup internasional). Pandemi berkembang di beberapa wilayah yang baru terdampak melalui penularan setempat. Seperti yang saat ini sedang terjadi di dunia yaitu penyebaran COVID 19 yang sangat cepat dan meluas merupakan sebuah pandemi.

Terakhir yang perlu kita kenali yaitu istilah endemi yang merupakan keadaan wilayah atau lingkungan tertentu yang masyarakatnya mudah terjangkit penyakit yang hanya terjadi di daerah tersebut. Seperti di Indonesia terdapat daerah yang menjadi endemi penyakit malaria.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode