Search
Generic filters
Exact matches only

Kamu Harus Tahu Manfaat dari Mendengarkan Musik

0
6 months ago

Saat kita mendengarkan musik yang kita sukai biasanya kita akan merasa senang dan terhibur. Kita juga bisa membedakan antara suara musik dan kebisingan. Saat kita mendengarkan musik, otak akan memproses nada, irama, tempo, dan melodi. Saat musik yang didengarkan bertempo cepat, hal tersebut dapat meningkatkan denyut jantung, pernapasan, dan tekanan darah. Sedangkan musik yang didengarkan dengan tempo lambat akan memberikan efek yang sebaliknya. Beberapa penelitian menunjukan bahwa musik memiliki efek positif untuk kesehatan diantaranya:

Musik dapat memperbaiki suasana hati. Ketika kita mendengarkan musik yang disuka akan memicu keluarnya dopamin dalam tubuh. Dopamin merupakan zat kimia dalam tubuh yang dapat menimbulkan rasa senang dan bahagia.

Meredakan stress. Saat mendengarkan musik yang disukai, perlahan-lahan akan membuat pikiran kita menjadi lebih tenang. Hal tersebut terjadi karena saat mendengarkan musik, kadar kortisol di dalam tubuh yang bertanggung jawab sebagai respon terhadap stress berkurang.

Mengurangi rasa sakit. Saat perhatian dari rasa sakit teralihkan, tubuh akan melepaskan hormon endorfin sehingga rasa sakit akan berkurang. Penelitian juga dilakukan kepada pasien yang sedang dalam penyembuhan setelah operasi. Mendengarkan musik sebelum, saat, dan sesudah operasi akan mengalami rasa sakit yang lebih ringan dibandingkan yang tidak mendengarkan musik.

Mempengaruhi suasana hati. Saat kita berolahraga, musik juga dapat mempengaruhi mood kita. Saat kita mendengarkan musik dengan tempo yang cepat, tubuh akan lebih bersemangat sehingga akan lebih banyak kalori yang terbakar karena tubuh akan bergerak lebih cepat. Dalam sebuah studi di Bruney University, London Barat menunjukkan bahwa musik dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh sebesar 15%.

Lebih fokus. Mendengarkan musik instrumental juga dinilai dapat membuat seseorang lebih fokus saat bekerja. Dalam sebuah penelitian menunjukkan bahwa manfaat musik dengan tempo yang cepat dapat merangsang gelombang otak untuk beresonansi selaras dengan irama, sehingga otak akan lebih mudah berkonsentrasi dan berpikir dengan tajam.

Ada banyak manfaat positif ketika kita mendengarkan musik. Barangkali musik bisa menjadi salah satu terapi mental untuk kalian, maka harus mulai dicoba untuk mendengarkan musik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode