Search
Generic filters
Exact matches only

Kamu Wajib Waspada Jika Tubuh Terlalu Kurus

0
8 months ago

Tubuh kurus dan langsing menjadi dambaan bagi sebagian orang. Padahal, tubuh kurus juga sama berbahaya dengan tubuh yang kelebihan berat badan. Badan yang terlalu kurus justru dapat merusak kesehatan tubuh dan mempengaruhi sistem kekebalan tubuh. Seseorang tergolong kurus (underweight) Ketika nilai indeks masa tubuh (IMT) kurang dari 18,5. Tubuh terlalu kurus bisa terjadi karena adanya faktor keturunan, kecepatan metabolisme yang dipengaruhi dari aktivitas fisik. Kekurangan berat badan secara terus menerus juga bisa terjadi karena penyakit-penyakit yang menyebabkan gejala mual, muntah, diare, nafsu makan berkurang, dan lainnya.

Orang yang bertubuh terlalu kurus akan mudah sekali terserang penyakit. Hal ini terjadi karena kurangnya asupan gizi yang akhirnya berpengaruh pada penurunan fungsi imun. Menurut studi dalam Clinical Microbiology and Infection di tahun 2018 membuktikan bahwa ada hubungan antara infeksi dengan badan terlalu kurus. Semakin kurus seseorang maka resiko mengalami penyakit infeksi dan semakin besar.

Masalah kesehatan lain yang bisa terjadi kepada orang yang bertubuh terlalu kurus yaitu osteoporosis. Penurunan kepadatan tulang pada tubuh terlalu kurus membuat orang tersebut lebih rentan mengalami osteoporosis. Dampak lain dari tubuh terlalu kurus adalah keseimbangan hormon yang terganggu. Salah satu hormon yang terganggu adalah hormon reproduksi. Jika hormon reproduksi terganggu bisa menyebabkan menstruasi yang tidak teratur dan jika dibiarkan bisa menjadi tidak subur. Hormon stres cenderung meningkat pada orang bertubuh terlalu kurus dan akan mengganggu kondisi psikologis.

Hormon tiroid memiliki fungsi yang sangat penting pada berbagai sistem di dalam tubuh. Mulai dari sistem pernapasan, mengatur denyut jantung, menjaga suhu tubuh, dan juga kekuatan otot. Badan terlalu kurus dapat menyebabkan hormon yang satu ini juga akan menurun. Banyak sekali dampak buruk jika kita memiliki tubuh terlalu kurus. Mulailah dengan mengatur pola makan, istirahat dan olahraga agar kita bisa mendapatkan berat tubuh yang ideal dan bisa menerapkan pola hidup sehat agar terhindar dari berbagai masalah kesehatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode