Search
Generic filters
Exact matches only

Kardio atau Angkat Beban, Mending Mana Buat Turunin Berat Badan?

0
8 months ago

Kalian yang pengen nurunin berat badan, mungkin bingung harus ngelakuin olahraga mana? Kalian terjebak dengan pilihan olahraga mana yang efektif dan tepat buat nurunin berat badan.

Ada dua jenis latihan yang saat ini populer buat dilakuin untuk nurunin berat badan, yaitu kardio dan angkat beban. Dua latihan ini sama-sama baik buat nurunin berat badan kalian. Tapi mana sih lebih baik dan lebih efektif? Yuk simak penjelesannya!

Kardio membakar lebih banyak kalori per sesi

Banyak pakar ilmuwan telah meneliti seberapa banyak kalori yang dibakar oleh kita selama kita berkegiatan. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, kalian dapat menggunakan berat badan kalian untuk memperkirakan berapa banyak kalori yang akan kalian bakar selama kalian melakukan berbagai latihan, termasuk kardio dan angkat beban.

Untuk sebagian besar aktivitas, semakin berat kalian, semakin banyak kalori yang akan kalian bakar. Misalnya, jika kalian memiliki berat 73 kg, kalian akan membakar sekitar 250 kalori per 30 menit saat kalian melakukan joging dengan kecepatan sedang.

Jika kalian berlari dengan kecepatan lebih cepat 6 mil per jam, kalian akan membakar sekitar 365 kalori dalam 30 menit. Di sisi lain, jika kalian berlatih angkat beban untuk jumlah waktu yang sama, kalian mungkin hanya membakar sekitar 130-220 kalori.

Secara umum, kalian akan membakar lebih banyak kalori per sesi saat kalian melakukan kardio daripada kalian latihan angakt beban untuk jumlah usaha yang hampir sama.

Angkat beban membantu kalian membakar kalori lebih banyak setiap hari

Walaupun latihan angkat beban tidak membakar kalori sebanyak latihan kardio, angkat beban juga memiliki kelebihan lain.

Misalnya, latihan angkat beban lebih efektif daripada kardio pada kalian membentuk otot, otot yang terbentuk tersebut akan membakar lebih banyak kalori saat badan beristirahat daripada beberapa jaringan lain, termasuk lemak.

Karena itu, umumnya dikatakan bahwa membentuk otot adalah kunci untuk meningkatkan metabolisme saat kalian beristirahat kalian dan berapa banyak kalori yang dibakar saat kalian istirahat.

Sebuah studi dilakukan untuk mengukur metabolisme partisipan saat beristirahat selama 24 minggu latihan angkat beban. Pada pria, latihan angkat beban menyebabkan peningkatan 9% dalam metabolisme saat beristirahat. Sementara itu pada wanita lebih kecil, dengan peningkatan hampir 4%. Meskipun ini kedengarannya bagus, penting untuk memikirkan berapa banyak kalori yang diwakilinya.

Bagi para pria, metabolisme saat beristirahat meningkat sekitar 140 kalori per hari. Pada wanita, itu hanya sekitar 50 kalori per hari.

Dengan demikian, latihan beban dan membentuk sedikit otot tidak akan membuat metabolisme kalian melambung tinggi, tetapi dapat meningkatkannya dengan jumlah kecil.

Latihan angkat beban juga memiliki manfaat pembakaran kalori penting lainnya. Secara khusus, penelitian telah menunjukkan bahwa kalian akan membakar lebih banyak kalori dalam beberapa jam setelah sesi latihan angkat beban, dibandingkan dengan latihan kardio.

Nah, bisa disimpulin kalau sebenarnya latihan angkat beban lebih efektif dari pada latihan kardio dalam membakar kalori pada tubuh. Akan tetapi, sebenarnya kedua latihan ini sama baiknya. Ini tergantung dari kalian fokus ingin latihan seperti apa untuk tubuh kalian. Dan jangan lupa juga, kalau kalian harus fokus saat berlatih agar mendapat hasil yang maksimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode