Search
Generic filters
Exact matches only

Karya-karya film Raditya Dika yang mewarnai perfilman Indonesia part 1

0
6 months ago

Raditya Dika adalah seorang penulis, stand-up comedian, aktor, sutradara dan youtuber. Ia mengawali pekerjaannya dari menulis blog dan mengangkat ceritanya ke dalam buku berjudul Kambing Jantan yang masuk sebagai best seller di Indonesia. Setelah itu, ia mulai merambah ke berbagai pekerjaan di dunia entertainment. Raditya Dika mulai memasuki dunia perfilman di Tanah Air sejak tahun 2009 sampai saat ini, ia pernah menjadi pemeran, sutradara dan penulis skenario. Berikut ini karya-karya film Raditya Dika yang seru untuk ditonton.

1. Kambing Jantan : The Movie (2009)

Sutradara : Rudy Soedjarwo
Penulis : Salman Aristo dan Mouly Surya
Pemeran : Raditya Dika, Herfiza Novianti, Edric Tjandra, Sarah Shafitri
Genre : Romance, Drama, Comedy

Film ini diangkat dari buku dengan judul yang sama yaitu Kambing Jantan karya Raditya Dika. Film Kambing Jantan berkisah tentang cerita kehidupan Dika di masa setelah ia lulus SMU, ia melanjutkan Pendidikan ke Adelaide, Australia namun jurusan finance yang ia ambil tidak sesuai dengan minatnya. Lalu munculnya masalah saat ia dan pacarnya menjalani hubungan jarak jauh atau Long Distance Relationship (LDR). Semua masalah tersebut ia tuangkan ke dalam blog.

2. Maling Kutang (2009)

Sutradara : Rako Prijanto
Penulis : Raditya Dika
Pemeran : Arie Untung, Indra Birowo, Deswita Maharani, Kinaryosih, Sogi Indra Dhuaja, Limbad
Genre : Comedy dan Drama

Film ini dikategorikan sebagai film dewasa. Film Maling Kutang berkisah tentang kesalahpahaman kutang yang membuat orang-orang terprovokasi dengan dunia lain. Masalah muncul saat nenek kehilangan kutang polkadot miliknya dan ingin mencari kembali kutang tersebut.

3. Cinta Brontosaurus (2013)

Sutradara : Fajar Nugros
Penulis : Raditya Dika
Pemeran : Raditya Dika, Eriska Reinisa, Soleh Solihun, Pamela Bowie, Tyas Mirasih
Genre : Romance, Drama, Comedy

Film Cinta Brontosaurus diangkat dari novel karya Raditya Dika dengan judul sama. Film ini bercerita tentang Dika, seorang penulis muda yang putus dengan pacar lamanya yaitu Nina. Ia memiliki seorang penerbit yaitu Kosasih yang mencoba untuk memulihkan kepercayaan diri Dika atas kegagalan cintanya, namun semua tak berlangsung lama sampai Dika bertemu dengan Jessica.

4. Cinta dalam Kardus (2013)

Sutradara : Salman Aristo
Pemeran : Raditya Dika, Ryan Adriandhy, Hadian Saputra, Dahlia Poland
Genre : Romance dan Comedy

Film yang diproduksi dengan low budget tapi mampu menarik perhatian penonton. Film Cinta dalam Kardus berkisah tentang Miko yang mencoba open mike di panggung stand up comedy di cafe langganan. Ia memiliki pacar yaitu Putri yang akhir-akhir ini selalu marah terus kepadanya. Rian dan Mas anca menjadi pelengkap keseruan di film ini. Ketika mas anca ingin membuang kardus berisi barang peninggalan matan Miko. Lewat memori barang itu Miko memiliki bahan untuk stand up comedy.

5. Manusia Setengah Salmon (2013)

Sutradara : Herdanius Larobu (CAPLUK)
Penulis : Raditya Dika
Pemeran : Raditya Dika, Eriska Reinisa, Soleh Solihun, Kimberly Ryder, Tyas Mirasih
Genre : Romance, Drama, Comedy

Manusia Setengah Salmon kembali diangkat dari novel karya Raditya Dika yang berjudul sama. Film ini berkisah ketika ibu Dika memutuskan pindah rumah, Dika justru berusaha pindah dari hal-hal yang selama ini dia susah untuk lepaskan : cerita cintanya yang lalu hingga hubungannya dengan bapaknya.

6. Marmut Merah Jambu (2014)

Sutradara : Raditya Dika
Penulis : Raditya Dika
Pemeran : Christoffer Nelwan, Efranda Stephanus, Raditya Dika, Sonya Pandarmawan
Genre : Romance, Drama, Comedy

Raditya Dika kembali mengangkat cerita dari novel miliknya dengan judul sama yaitu Marmut Merah Jambu. Film ini masuk sebagai film terlaris 2014 di Indonesia dan ini awal pertama kali Raditya Dika menjadi seorang produser. Film ini berkisah Dika menceritakan kisah cinta pertamanya saat SMA dengan cewek bernama Ina Mangunkusumo. Cerita ketika dia dan temannya Bertus membentuk sebuah grup detektif, dan juga persahabatannya dengan Cindy.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode