Search
Generic filters
Exact matches only

Kayu Manis dari Nusantara

0
6 months ago

Apakah kalian tau tujuan utama Belanda datang ke Indonesia dan berhasil menjajah NKRI selama 350 tahun? Iya, mereka datang ke Indonesia hanya untuk mencari hasil perkebunan, pertanian, perminyakan dan bahkan pertambangan dari hasil tanah jajahan mereka. Di tanah air tercinta kita indonesia, banyak sekali rempah-rempah berkualitas yang mampu dihasilkan. Salah satunya adalah kayu manis. Kayu manis memiliki nama ilmiah (Cinnamomum verum, sin. C. zeylanicum) adalah sejenis pohon penghasil rempah-rempah terbesar di Indonesia. Termasuk ke dalam jenis rempah-rempah yang amat beraroma, manis, dan pedas.

Tanaman ini diolah menjadi sebuah bubuk halus seperti pasir laut, lalu bubuk tersebut dijadikan bahan dasar pada bumbu masakan di Mesir Kuno sekitar 5000 tahun yang lalu. Kayu manis adalah salah satu bumbu makanan tertua yang digunakan manusia diseluruh dunia. Selain dijadikan bubuk pada masakan atau makanan, kalian juga bisa menjadikan bubuk tersebut sebagai minuman berkhasiat yang tentunya kalian perlu merebus bubuk kayu manis terlebih dahulu. Kayu manis juga secara tradisional dijadikan sebagai suplemen untuk berbagai penyakit, dengan dicampur madu, misalnya untuk pengobatan penyakit radang sendi, kulit, jantung, dan perut kembung.

Beberapa khasiat pada kayu manis adalah dapat menurunkan berat badan. Air rebusan kayu manis yang dicampur dengan madu adalah minuman terbaik untuk menurunkan berat badan. Apabila tidak menggunakan madu, maka beberapa khasiatnya adalah meningkatkan fungsi otak, meredakan sakit gigi, meningkatkan imunitas karena air kayu manis kaya akan zat antioksidan seperti polifenol dan proanthocyanidins untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan khasiat yang paling menakjubkan adalah sebagai obat kanker. Kayu manis mengandung senyawa anti karsinogenik yang terbukti bermanfaat untuk memperlambat pertumbuhan sel kanker. Banyak juga wanita yang mengkonsumsi olahan kayu manis untuk mempercantik kulit dan menurunkan kram saat wanita menstruasi. Karena kayu manis adalah sumber serat yang sangat baik untuk menghilangkan racun dari dalam tubuh. Sebab, racun yang menumpuk bisa akan membuat kulit tidak bercahaya dan cantik lagi. Oleh karena memiliki banyak manfaat, maka banyak sekali warna Indonesia yang membudidayakan tanaman ini sebagai sumber penghasilan utama mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode