Search
Generic filters
Exact matches only

Kebiasaan Ini Ternyata Berbahaya, Lho

0
6 months ago

Makanan yang terselip di sela gigi pasti membuat rasa tidak nyaman. Biasanya, yang kita lakukan adalah berusaha mengeluarkan sisa makanan tersebut dengan menggunakan tusuk gigi. Tusuk gigi, biasanya berbahan dasar kayu, dipercaya efektif untuk mengangkat makanan yang menyelip di sela gigi. Walau begitu ternyata kebiasaan ini tidak disarankan karena membersihkan gigi dengan menggunakan tusuk gigi dapat membahayakan kesehatan gigi dan mulut.

Tanpa kita sadari, kebiasaan menggunakan tusuk gigi untuk membersihkan sisa makanan dapat mengubah posisi gusi menjadi lebih turun dan ini akan menyebabkan kerusakan pada akar gigi. Tusuk gigi juga  menyebabkan terjadinya pendarahan di area gusi. Gusi merupakan jaringan yang lunak, sedangkan tusuk gigi memiliki ujung yang tajam dan rawan menusuk gusi. Gusi yang terus terluka bisa saja terinfeksi hingga menyebabkan peradangan dan periodontitis jika tidak segera diatasi dan ditangani dengan baik.

Bahaya lain yang terjadi jika menggunakan tusuk gigi adalah terciptanya ruang antara gigi yang satu dengan yang lainnya. Jika kerapatan gigi sudah berkurang akan ada makanan yang lebih besar lagi yang bisa saja terselip. Kebiasaan menggunakan tusuk gigi juga dapat merusak lapisan terluar dari gigi yang disebut enamel gigi. Kerusakan ini dapat menyebabkan gigi mudah berubah warna dan membuat gigi menjadi lebih sensitif.

Menggunakan tusuk gigi sebenarnya boleh saja jika bisa memastikan bahwa tusuk gigi digunakan dengan hati-hati. Namun ada alternatif lain yang bisa dipilih sebelum memilih tusuk gigi untuk membersihkan makanan yang terselip. Benang gigi atau dental floss dapat menjadi pilihan untuk menghilangkan makanan yang terselip di gigi. Alternatif lain bisa dengan menyikat gigi setelah makan. Tidak hanya mendorong makanan yang terselip untuk keluar, menyikat gigi juga bisa membersihkan gigi secara menyeluruh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode