Search
Generic filters
Exact matches only

Keindahan Kolam Renang Alami di Gua, Ketenangannya Bak Kolam Renang Pribadi

0
5 months ago

Gua Rangko yang terletak di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur terkenal akan keindahan gua bawah lautnya. Gua ini pun masuk dalam sepuluh gua terindah yang ada di dunia. Gua Rangko digenangi air yang sangat bersih dan jernih. Saking jernihnya membuat pemandangan di dalam gua menjadi tampak berwarna biru terang. Pemandangan ini tentunya sangat memanjakan mata. Selain itu, genangan air yang ada di dalam gua ini nampak seperti kolam tetapi kolam alami.

Walaupun air dalam danau ini adalah air laut, namun airnya benar-benar segar dan tidak seperti air laut pada umumnya yang beriak. Sehingga pengunjung pun bisa berenang di dalamnya dan menikmati kesegaran air dalam keheningan seperti di kolam pribadi. Keheningannya juga bisa diperoleh karena di Gua Rangko tidak ada kelelawar yang biasanya memang tinggal di gua. Hal ini juga bisa disebabkan karena Gua Rangko berada di dekat laut, sehingga kelelawar tidak tertarik menempati gua tersebut. Namun karena memang air yang tergenang adalah air laut, air kolam ini memiliki kadar garam yang tinggi, sehingga pengunjung pun dapat mengapung dengan sendiri sambil menikmati langit-langit gua. Jika kolam pribadi biasanya tidak memiliki pemandangan di atasnya, maka di kolam ini terdapat sebuah pemandangan yang sangat indah di langit-langit gua, yaitu ornamen-ornamen stalaktit. Ornamen tersebut memiliki bentuk yang beragam dan tidak beraturan, sehingga tampak indah dan alami. Bagi yang sudah bisa berenang dan menyelam pengunjung bisa juga lompat tebing karena airnya cukup dalam, yaitu sekitar 3 hingga 4 meter.

Rute menuju Gua Rangko pun bisa dibilang cukup mudah. Hanya memerlukan waktu satu jam menggunakan mobil atau motor dari Labuan Bajo sampai Desa Rangko. Perjalanannya pun tidak akan membosankan karena selama di perjalanan mata akan dimanjakan dengan pemandangan yang sangat menakjubkan, seperti bukit-bukti khas Labuan Bajo. Setelah sampai di Desa Rangko, biasanya akan disambut oleh penduduk lokal yang akan menawarkan sewa boat untuk menuju Gua Rangko. Perjalanan laut ini biasanya membutuhkan waktu 30 hingga 40 menit saja.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode