Search
Generic filters
Exact matches only

Kelapa Sawit – Penghasil Minyak Terbesar

0
5 months ago

Coba kalihat lihat pohon yang ada pada gambar diatas, jika dilihat secara sekilas, tampak seperti pohon kelapa bukan?. Gambar tersebut adalah gambar pohon kelapa sawit. Buah yang dihasilkan pada pohon ini memiliki peran yang sangat penting di seluruh dunia. Hal ini dikarenakan hanya kelapa sawit lah yang buahnya dapat dijadikan minyak sawit yang kemudian diolah dan diproduksi menjadi minyak sayur. Tentunya kalian mengetahui bahwa minyak sayur adalah salah satu komponen utama jika kalian ingin memasak. Tanpa minyak sayur maka kalian tidak akan mengenal istilah makanan yang digoreng. Karena pada umumnya, seluruh negara di dunia menjadikan minyak sayur sebagai media untuk menggoreng masakan yang ingin dimasak. Namun ada beberapa negara juga seperti eropa yang menggoreng masakannya menggunakan mentega yang berasal dari susu sapi dan margarine yang berasal dari kelapa.

Jika kalian belum pernah melihat pohon kelapa sawit, maka ciri-ciri utama pohon ini adalah buahnya berwarna kemerahan, seukuran plum besar, dan tumbuh dalam tandan besar. Setiap buah terdiri dari lapisan luar yang mengandung minyak (perikarp), dengan biji tunggal (inti sawit), juga kaya akan minyak. Selain itu pohon ini mampu tumbuh dengan ketinggian mencapai 25 meter dengan penampang akar serabut yang sangat kuat mengarah ke  bawah dan samping serta memiliki daun yang  tersusun majemuk menyirip. Daun berwarna hijau tua dan pelepah berwarna sedikit lebih muda.

Usaha perkebunan pohon kelapa sawit tentunya memiliki nilai ekonomis atau omset yang sangat tinggi, karena  digunakan untuk usaha perkebunan komersial dalam produksi minyak sawit. Perkebunannya menghasilkan keuntungan besar sehingga banyak hutan dan perkebunan lama dikonversi menjadi perkebunan kelapa sawit. Indonesia adalah penghasil minyak kelapa sawit terbesar di dunia. Di Indonesia penyebarannya di daerah Aceh, pantai timur Sumatra, Jawa, Kalimantan, dan Sulawesi. Tak hanya minyak sayur atau minyak sawit. Faktanya adalah kelapa sawit merupakan pohon industri sebagai yang berperan sebagai bahan baku penghasil minyak masak, minyak industri, maupun bahan bakar. Kelapa sawit ini memiliki peranan yang penting dalam industri minyak yaitu dapat menggantikan kelapa sebagai sumber bahan bakunya. Setelah mengetahui hal ini, apakah kalian ingin mendirikan usaha perkebunan kelapa sawit?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode