Search
Generic filters
Exact matches only

Kenali Gejala Awal Coronavirus atau COVID-19

0
6 months ago

COVID19 merupakan jenis baru dari coronavirus yang diketahui dapat menular dari manusia ke manusia. Virus ini dapat menyerang siapa saja. Bayi, anak-anak, orang tua, dan orang yang memiliki kekebalan tubuh yang rendah lebih rentan terinfeksi.

Penularan COVID- sangat cepat dan dalam beberapa bulan telah menyebar hampir ke seluruh dunia termasuk Indonesia. Di Indonesia sendiri, menurut data yang dirilis Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID19 rata-rata kematian akibat terinfeksi virus ini terjadi pada kelompok usia di atas 60 tahun sebesar 17,3%. Risiko kematian pasien COVID19 yang berusia di bawah 60 tahun lebih rendah dibandingkan pasien yang berusia lanjut.

Gejala awal yang dirasakan ketika terinfeksi virus corona pada umumnya menyerupai gejala flu, yaitu demam, batuk kering, dan kelelahan. Setelah itu gejala dapat membaik dan sembuh atau justru semakin memberat. Penderita dengan gejala berat akan mengalami demam tinggi, batuk berdahak bahkan berdarah, sesak napas, dan nyeri dada. Beberapa gejala lain yang muncul juga bisa berupa diare, sakit kepala, konjungtivitis, munculnya ruam di kulit, hingga hilangnya kemampuan mengecap rasa atau mencium bau. Umumnya gejala akan muncul setelah 2 sampai 14 hari setelah terpapar virus ini.

Kebanyakan orang akan pulih tanpa perlu perawatan di rumah sakit. Namun, untuk orang yang lebih tua dan memiliki masalah medis lainnya seperti tekanan darah tinggi (hipertensi), diabetes, masalah jantung dan paru-paru, hingga kanker akan lebih berisiko lebih tinggi terkena penyakit serius saat terinfeksi virus ini.

Jika anda mengalami gejala-gejala di atas, jangan panik dan jangan langsung memeriksakan diri ke rumah sakit karena akan meningkatkan resiko tertular atau menularkan virus ke orang lain. Jika dirasa memiliki gejala ringan, segera lakukan isolasi mandiri dan batasi berinteraksi dengan orang lain. Terutama jika dalam 2 minggu terakhir sedang berada di daerah yang sedang terjangkit COVID-19 atau kontak dengan penderita COVID19. Jika kondisi tidak membaik segera hubungi hotline COVID19 di 119 Ext. 9 untuk mendapatkan pengarahan medis lebih lanjut dan selalu perhatikan protokol kesehatan yang berlaku.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode