Search
Generic filters
Exact matches only

Kenali, Mengapa Motor Sering Mogok ?

0
8 months ago

Pertama, Filter Udara pada motor yang kotor. Perlu diketahui bahwa fungsi filter udara sangatlah besar. melakukan penyaringan juga dapat membantu agar kotoran serta debu tidak bercampur. Jika kita masih saja malas untuk membersihkannya, hal ini justru akan membuat motor kita semakin mogok dan mesin tidak dapat bekerja dengan optimal. Tarikan gas juga akan lebih berat. Saringan filter ini tentu saja membantu motor agar bisa berjalan dengan baik. sehingga kalian perlu mengganti atau membersihkan filter tersebut secara rutin yang pada umumnya satu tahun sekali.

Kedua, Oli Mesin. Hal ini yang seringkali menjadi penyebab utama dari sebuah motor yang mogok. Apabila kalian jarang atau bahkan tidak pernah mengganti oli, maka komponen mesin akan mengalami kerusakan. Pada akhirnya akan bermasalah ke bagian lainnya. Fungsi oli sendiri untuk membantu dan memberi tenaga kepada mesin atau setiap komponen yang ada agar dapat  berfungsi dengan baik

Ketiga, Mesin Overheat. mesin yang mengalami overheat atau terlalu panas akan menyebabkan motor mudah mogok. Apalagi jika mesin di paksakan untuk tetap nyala maka pada sistem pembakaran akan terjadi gesekan atau bahkan benturan antara piston dengan liner atau bagian lainnya. Hal ini menyebabkan kondisi mesin memiliki suhu yang naik secara drastis akibatnya piston dan liner boring menjadi macet, patah, atau bahkan rusak total.

Keempat, Bahan Bakar yang tidak cocok. Banyak tidak sadar bahwa setiap kendaraan atau motor  tidak bisa sembarangan mengkonsumsi bahan bakar. Banyak orang yang belum tahu bahwa pemilihan bahan bakar yang salah  bisa menyebabkan motor mogok. Terutama secara mendadak. Untuk sebagian besar motor edisi keluaran terbaru harus menggunakan bbm dengan kadar oktan yang cukup tinggi. Semakin tinggi nilai oktannya maka pembakarannya akan lebih sempurna dan tingkat polutan yang dihasilkan menjadi lebih kecil. Sehingga tidak akan menyebabkan motor menjadi lebih mudah untuk mogok.

Kelima, setelan Klep yang tidak tepat. Klep Berfungsi untuk mengatur masuknya campuran udara dan bahan bakar ke mesin. Setelan klep sangat mempengaruhi kecepatan pada laju motor. Sehingga banyak pengguna motor yang seringkali iseng menyetel klep motor dengan tujuan agar dapat menambah kecepatan. Mereka tidak sadar apabila setelannya tidak tepat (tidak sesuai ketentuan pabrik) maka akan merusak mesin motor.

Keenam, Jarang di Service di bengkel resmi. Dibandingkan dengan bengkel tradisional, tentunya Bengkel resmi memiliki layanan perawatan motor yang sesuai dengan SOP Perusahaan motor kalian.

Ketujuh, Busi yang Kotor. Busi merupakan komponen penting untuk pengapian pada mesin sepeda motor. Pengapian pada mesin tidak optimal dikarenakan busi yang kotor dan juga bisa membuat mesin motor menjadi mogok. Tidak ada salahnya jika kita selalu memeriksa kondisi busi motor terlebih dahulu sehingga dapat dipastikan jika mesin baik-baik saja dan tidak akan mengalami mogok ketika berkendara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode