Search
Generic filters
Exact matches only

Kenali Penyebab Memar di Tubuh

0
6 months ago

Saat tubuh kita mengalami benturan yang kuat biasanya bagian yang terbentur akan mengalami memar atau lebam. Namun ada beberapa orang yang mengalami memar hanya karena benturan ringan atau bahkan tiba-tiba saja memar muncul. Lalu, bagaimana memar bisa terjadi

Memar terjadi saat pembuluh darah kecil di bagian dalam kulit pecah dan membuat sel-sel darah di dalamnya keluar. Karena tidak adanya luka di bagian tersebut, maka darah yang keluar akan mengendap di bawah permukaan kulit. Hal inilah yang membuat adanya perubahan warna menjadi kemerahan atau keunguan di area pecahnya pembuluh darah kecil tersebut. Pecahnya pembuluh darah kecil dapat terjadi akibat adanya cedera traumatis.

Umumnya, memar disebabkan oleh cedera fisik dan dapat menghilang dalam jangka waktu beberapa hari. Namun, jika memar sering muncul tanpa sebab, bisa jadi hal tersebut menjadi pertanda adanya penyakit tertentu di dalam tubuh. Penyakit atau kondisi medis tertentu di antaranya:

Kekurangan faktor pembekuan darah. Faktor pembekuan darah berfungsi untuk membantu platelet menghentikan pendarahan. Memar dapat muncul Ketika kekurangan faktor pembekuan darah. Penyakit karena kekurangan faktor pembekuan darah sehingga mudah memar diantaranya hemofilia, hemofilia B atau penyakit Christmas, dan penyakit von Willebrand.

Rendahnya kadar trombosit. Kadar trombosit yang rendah bisa terjadi karena adanya infeksi virus efek samping obat, atau kanker darah. Kurangnya kadar trombosit juga bisa terjadi akibat adanya penyerangan oleh sel-sel tubuh sendiri (autoimun). Rendahnya kadar trombosit bisa membuat memar sering muncul tiba-tiba.

Efek samping obat-obatan. Ada obat-obatan sebagai obat pengencer darah yang berfungsi untuk mencegah penggumpalan darah. Obat ini sering digunakan untuk mengobati stroke dan penyakit jantung. Namun, ternyata obat ini memiliki efek samping mudah terjadi memar di beberapa bagian tubuh.

Kekurangan vitamin. Memar akan mudah muncul Ketika kita kekurangan vitamin seperti vitamin K, vitamin B12, vitamin C, atau folat. Perbanyak konsumsi vitamin tersebut agar memar tidak mudah muncul.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode