Search
Generic filters
Exact matches only

Kenali Sumber Radiasi Di Sekitar Kita

0
6 months ago

Radiasi memang wujudnya tidak terlihat secara kasat mata, tetapi radiasi sebenarnya ada di sekitar dan dekat dengan kita. Jauh dari mitos buruk yang sering kita dengar, sebenarnya radiasi memiliki manfaat dan berguna di berbagai bidang industri. Namun, memang benar jika kita terpapar radiasi dalam jumlah yang tinggi bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan.

Berikut adalah beberapa sumber radiasi yang ada disekitar kita.

Penyinaran medis untuk pengobatan. Pernah melakukan rontgen atau CT Scan?  Saat melakukan rontgen atau CT Scan merupakan proses medis yang menggunakan sinar X. Paparan radiasi yang diterima tubuh pun berbeda tergantung bagian tubuh mana yang di rontgen. Namun radiasi yang digunakan dalam jumlah kecil yang aman bagi tubuh, pun dilakukan dalam pantauan dokter.

 Alat elektronik. Alat-alat elektronik yang memiliki radiasi diantaranya radio, microwave, komputer, televisi. Meskipun paparan radiasi yang diberikan sangat kecil, namun penggunaan yang sering dan berulang harus diperhatikan karena dipercaya akan berpengaruh ke kesehatan.

Ponsel (smartphone).  Alat yang satu ini sangat dekat dan hampir selalu digunakan setiap harinya. Intensitas radiasi yang dipancarkan oleh ponsel memang kecil, tapi karena perangkat yang satu ini sangat sering digunakan apalagi penggunaannya di sekitar kepala, beberapa dokter mengkhawatirkan radiasi yang dihasilkan ponsel dapat menjadi penyebab kanker otak.

Pesawat atau perjalanan udara. Melakukan penerbangan menjadi penyebab paparan radiasi kosmik dalam intensitas kecil. Radiasi yang diserap pun bergantung ketinggian pesawat.

Radiasi memang memiliki manfaat yang akan membantu kehidupan sehari-hari kita. Perlu kita kenali sumber-sumber radiasi yang ada disekitar kita agar dapat meminimalisir paparan radiasi pada tubuh kita. Batasi penggunaan ponsel terutama untuk anak-anak karena pancaran radiasi dapat menghambat tumbuh kembang anak. Batasi juga penggunaan barang elektronik dan kenali gejala-gejala yang mulai timbul bila kita merasa tubuh kita terpapar radiasi secara berlebihan agar bisa segera mendapatkan penanganan dari dokter.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode