Search
Generic filters
Exact matches only

Kenapa Cegukan Bisa Terjadi?

0
6 months ago

Hampir semua orang baik orang tua, orang dewasa, anak-anak maupun bayi pernah mengalami cegukan. Cegukan merupakan hal yang lumrah terjadi. Biasanya cegukan terjadi secara tiba-tiba dan akan berhenti dengan sendirinya. Cegukan dapat berlangsung dalam beberapa menit atau bisa terus menerus selama 48 jam. Namun, kondisi cegukan bisa mengganggu saat makan dan berbicara.

Cegukan terjadi karena adanya kontraksi otot diafragma yang terjadi secara tiba-tiba. Otot diafragma merupakan otot yang memisahkan perut dan dada yang memiliki peranan penting dalam sistem pernapasan. Normalnya, saat menarik napas, otot diafragma akan kontraksi (kondisi turun) kemudian saat menghembuskan napas akan relaksasi (kondisi naik). Namun saat cegukan, otot akan kontraksi secara tiba-tiba dan membuat udara terlalu cepat masuk ke dalam paru-paru. Suara ‘hik’ yang ditimbulkan saat cegukan terjadi karena pita suara yang menutup secara tiba-tiba.

Setelah mengetahui proses yang terjadi di dalam tubuh ketika cegukan, mari kita ketahui penyebab dari cegukan. Umumnya cegukan dapat terjadi karena mengkonsumsi minuman bersoda atau yang mengandung alkohol secara berlebihan, makan terlalu cepat, sedang stress atau terlalu cemas, sedang gembira atau bersemangat yang berlebihan, adanya perubahan suhu yang cepat, dan menelan udara saat memakan permen atau permen karet.

Cegukan juga bisa terjadi terus menerus dan berkepanjangan yang berlangsung lebih dari 2 hari. Hal tersebut disebabkan karena adanya kondisi medis tertentu. Kondisi medis tersebut diantaranya sedang mengalami gangguan sistem pencernaan seperti tukak lambung, gastritis, radang usus, pankreatitis, dan penyakit refluks gastroesofagus (GERD). Adanya gangguan sistem saraf pusat juga dapat menjadi penyebab terjadinya cegukan berkepanjangan. Gangguan tersebut berupa stroke, meningitis, adanya cedera pada otak, dan tumor. Kondisi medis lainnya seperti adanya gangguan saluran pernafasan, gangguan metabolisme, hingga gangguan jantung juga dapat menjadi penyebab dari cegukan berkepanjangan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode