Search
Generic filters
Exact matches only

Kenapa Seseorang Bisa Mendengkur?

0
6 months ago

Banyak orang yang tidak menyadari bahwa mereka sering mendengkur ketika tidur. Selain dapat mengganggu kenyamanan orang di sekitar, mendengkur juga dapat mengurangi kualitas tidur. Lalu apa yang menyebabkan seseorang mendengkur?

Suara dengkuran saat tidur terjadi karena adanya penyumbatan di saluran pernapasan, kemudian saluran pernapasan akan bergetar saat dilalui oleh aliran udara. Selain itu, posisi lidah saat tidur juga dapat menghalangi aliran udara selama tidur. Mendengkur terjadi ketika jaringan lunak di langit-langit mulut, anak tekak, dan tenggorokan menjadi rileks saat memasuki tahapan tidur yang lebih dalam, sekitar 90 menit setelah tertidur. saat otot dan jaringan dalam kondisi rileks, aliran udara akan terhalang sehingga terjadilah getaran atau dengkur.

Saat mendengkur, bagian lain yang juga ikut bergetar adalah saluran hidung, dasar lidah, dan tonsil. Semakin sempit jalan napas, maka aliran udara akan semakin sulit untuk melewatinya sehingga suara dengkuran akan semakin kuat. Berikut merupakan beberapa faktor penyebab dengkuran saat tidur.

Jenis kelamin. Biasanya pria lebih sering mendengkur dibandingkan wanita karena pria memiliki jalur pernapasan yang lebih sempit daripada wanita.

Kelebihan berat badan. Orang yang kelebihan berat badan akan mengakibatkan banyak lemak yang tertimbun di tenggorokan sehingga membuat jalan nafas menyempit.

Posisi tidur. Tidur dengan posisi terlentang bisa membuat tenggorokan menyempit dan lidah turun ke bawah sehingga menghalangi aliran udara.

Anatomi mulut. Beberapa orang memiliki langit-langit mulut yang terlalu rendah, posisi rahang yang salah akibat otot yang tegang dan tenggorokan yang menutup ketika tidur dapat membuat seseorang mendengkur

Masalah pernapasan. Adanya gangguan pada hidung atau sedang mengalami pilek dan alergi juga dapat membuat saluran udara tersumbat dan tonsil membesar.

Konsumsi alkohol, rokok, dan obat-obatan. Merokok atau mengkonsumsi alkohol dan obat-obatan dapat membuat otot tenggorokan menjadi rileks sehingga membuat seseorang mendengkur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode