Search
Generic filters
Exact matches only

Kengerian Mitos di Balik Pesona Indahnya Danau Toba

0
6 months ago

Danau Toba merupakan danau terluas di Asia Tenggara yang terletak di Bukit Barisan, Sumatera Utara. Danau ini terbentuk akibat erupsi dari gunung berapi yang memuntahkan 2800 km kubik material letusan dan menjadikannya terdaftar dalam Guinness World Records. Namun, menurut legenda yang ada di masyarakat, Danau Toba terbentuk akibat seorang pemuda bernama Toba melanggar sumpah yang telah ia buat kepada istrinya, seorang manusia ikan. Maka tak heran muncul mitos-mitos yang beredar mengenai Danau Toba, seperti berikut ini.

  • Dihuni ikan mas raksasa

Banyak masyarakat yang mempercayai bahkan melihatnya secara langsung ada ikan mas raksasa berukuran 10 meter di Danau Toba. Ikan mas tersebut berjumlah 3 ekor dan dipercaya telah hidup selama ratusan tahun. Ikan mas ini juga dipercaya merupakan jelmaan dari pemuda bernama Toba, anaknya Samosir, dan istrinya yang merupakan seorang manusia ikan seperti yang diceritakan dalam legenda terbentuknya Danau Toba.

  • Wajib mengucapkan permisi

Memang biasanya jika seseorang ingin melewati tempat atau wilayah yang bukan daerahnya dianjurkan untuk mengucapkan permisi. Begitu juga dengan Danau Toba, untuk mencapainya seseorang harus berkendara melewati lembah dan goa. Untuk itu itu orang tersebut harus mengucapkan “santabi oppung” sebagai wujud permisi. Jika tidak, maka menurut cerita masyarakat setempat kendaraan yang ditumpangi akan mengalami mesin mati.

  • Jelmaan jin penunggu danau

Konon ceritanya ada jelmaan jin penunggu danau yang sering mengganggu para pengunjung. Sosok tersebut disebut-sebut sering muncul dan menampakkan diri di tengah pengunjung yang membuat pengunjung menjadi kaget.

  • Mitos Begu Ganjang

Menurut cerita masyarakat setempat Danau Toba juga ditunggu oleh makhluk pencabut nyawa yang sering menerkam para penebang pohon di sekitar Danau Toba. Makhluk ini bernama Begu Ganjang yang digambarkan sebagai makhluk bertubuh besar dan berbulu tebal.

Meskipun banyak mitos yang mengerikan di Danau Toba tetapi danau ini tetap menjadi destinasi favorit para wisatawan yang berkunjung ke Sumatera Utara. Selain itu Danau Toba juga memiliki keindahan-keindahan yang tiada tara di samping mitos-mitosnya yang mengerikan, seperti danau yang dikelilingi oleh 12 air terjun, terdapat ikan batak yang hanya hidup di danau ini, dan danau vulkanik yang terindah di dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode