Search
Generic filters
Exact matches only

Kerajaan Jin di Laut Selatan Pulau Jawa, Antara Kepercayaan dan Bukti Ilmiah

0
6 months ago

Mitos dan legenda memang tidak bisa dilepaskan dari Indonesia terlebih lagi banyak masyarakat Indonesia yang masih mempercayainya, seperti di Pantai Parangtritis, Laut Selatan pulau Jawa. Banyak yang mempercayai bahwa di sana ada sebuah kerajaan jin yang teramat besar dengan seorang penguasa bernama Kanjeng Ratu Kidul. Masyarakat sekitar biasanya melakukan upacara tahunan atau biasa disebut dengan sedekah laut untuk ritual sesembahan dan labuhan atau upacara pemberian saji. Upacara tersebut biasa dilaksanakan setiap satu tahun sekali dan memberikan sedekah laut berupa kepala kerbau, buah-buahan, sayuran, hasil panen, dan ternak yang akan dilarung di pantai serta ombak akan membawanya ke tengah laut. Jika sedekah laut dilaksanakan oleh para nelayan, maka lelabuhan dilaksanakan oleh Sultan dan masyarakat sekitar. Hal ini bertujuan agar mereka diberi keselamatan, kesejahteraan, dan perlindungan, serta rezeki yang melimpah.

Selain itu, juga terdapat beberapa larangan apabila berkunjung ke Pantai Parangtritis yang merupakan Gerbang Kanjeng Ratu Kidul, yaitu dilarang memakai pakaian berwarna hijau karena, Kanjeng Ratu Kidul menyukai warna hijau dan orang-orang yang memakai pakaian warna hijau akan membuatnya tertarik sehingga bisa jadi akan ditarik untuk menjadi pengikutnya, serta tidak diperkenankan untuk mandi di pantai atau berenang terlalu jauh dari bibir pantai karena akan menarik Kenjeng Ratu Kidul.

Namun, beberapa larangan tersebut sebenarnya bisa dijelaskan secara ilmiah. Pantai Parangtritis mempunyai rip current atau arus balik yang terjadi akibat aliran gelombang datang yang bisa membentur hingga pantai dan bisa mengembalikannya lagi ke laut. Arus tersebut bisa terjadi karena adanya pertemuan dua atau lebih gelombang yang datang. Bahkan kecepatan arus tersebut bisa mencapai 80 km per jam maka tidak heran apabila orang-orang yang berenang terlalu jauh dari bibir pantai akan dengan mudah tersapu oleh ombak. Mengenai larangan memakai pakaian berwarna hijau, juga tidak heran dengan kondisi pantai yang seperti itu, pasti sering kali orang-orang akan tersapu ombak dan akan sulit dikenali apabila orang tersebut memakai pakaian berwarna hijau karena mirip dengan lumut atau tumbuhan lain. Tidak heran jika korban yang tenggelam yang tersapu ombak tidak bisa ditemukan pada waktu yang sama dan bisa ditemukan sehari setelahnya atau beberapa hari setelahnya di bibir pantai, hal ini terjadi bukan sengaja di sembunyikan oleh Kanjeng Ratu Kidul tetapi karena rip current tersebut. Lalu apakah kalian percaya adanya kerajaan jin yang dikuasai oleh Kanjeng Ratu Selatan tersebut? Atau kalian golongan rasional yang lebih mempercayai ilmu pengetahuan dan teknologi?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode