Search
Generic filters
Exact matches only

Ketahui Penyebab Kesemutan dan Cara Mencegahnya

0
7 months ago

Pernahkan anda mengalami rasa kebas atau mati rasa di bagian tubuh tertentu secara tiba-tiba? Ya, sensasi tersebut disebut kesemutan. Dalam dunia medis kesemutan disebut dengan parestesia. Kesemutan dapat terjadi sementara atau berkepanjangan.

Biasanya kesemutan terjadi ketika sedang duduk bersila, menekuk kaki terlalu lama atau posisi tangan yang tertindih saat tidur. Kesemutan yang bersifat sementara biasanya terjadi karena adanya masalah dengan fungsi saraf. Adanya tekanan luka maupun tekanan pada saraf membuat kesemutan muncul dan akan hilang ketika saraf tidak lagi tertekan. Kondisi tersebut sering terjadi pada tangan atau kaki.

Kesemutan yang terjadi sesekali memang wajar dan tidak membahayakan. Namun bila terjadi secara terus menerus akan membuat bagian tubuh yang kesemutan menjadi kaku. Kesemutan yang terjadi berkepanjangan biasanya menandakan adanya suatu penyakit. Penyakit tersebut seperti kekurangan vitamin B12, penyakit sistem kekebalan tubuh, penyakit infeksi seperti HIV/AIDS, hepatitis B, hepatitis C, dan penyakit Lyme. Efek samping dari obat-obatan kemoterapi dan obat anti kejang juga bisa menjadi penyebab kesemutan yang berkepanjangan.

Kesemutan memang tidak dapat dicegah, namun kita dapat mengurangi frekuensi kesemutan yang terjadi dengan menerapkan pola makan yang sehat, rutin berolahraga, menjaga berat badan ideal, menghindari atau membatasi minuman beralkohol, menghindari gerakan berulang yang dapat membuat saraf tertekan, lakukan istirahat atau peregangan jika sering melakukan gerakan secara berulang, istirahatkan badan dengan rileks berjalan setelah duduk dalam waktu yang cukup lama. Jika memiliki penyakit kronis seperti diabetes atau penyakit ginjal juga harus lebih waspada dan rutin mengontrol.

Kesemutan yang terjadi berkepanjangan harus segera diwaspadai. Segeralah menemui dokter saraf agar dapat dilakukan pemeriksaan secepatnya jika kesemutan disertai dengan munculnya ruam, pusing, kejang otot dan adanya rasa nyeri di beberapa bagian tubuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode