Search
Generic filters
Exact matches only

Ketika Covid-19 Mengingatkan Kita untuk Lebih Peduli Terhadap Lingkungan

0
6 months ago

Pandemi COVID-19 memang memberikan dampak yang cukup besar bagi semua negara di dunia. Hanya dalam hitungan bulan ribuan orang meninggal dunia dan ratusan ribu orang lainnya telah terinfeksi virus corona jenis baru ini. Virus ini muncul pertama kali di Wuhan pada bulan Desember 2019 dan hingga kini sudah memakan ribuan nyawa orang-orang di dunia. Virus ini dapat menyebar dengan cepat dari satu orang ke orang yang lain. Oleh karena itu beberapa pemerintah di dunia menjalankan karantina wilayah yang ketat atau lockdown. Beberapa negara tercatat telah menerapkan lockdown, yaitu China, Italia, Polandia, Irlandia, Spanyol, Denmark, Perancis, Malaysia dan beberapa negara lainnya. Negara-negara lain yang tidak mengambil kebijakan ini juga mengambil kebijakan serupa berupa kebijakan mengenai pembatasan sosial dan menghimbau masyarakatnya untuk #stayhome.

Semua orang diperintahkan untuk tinggal di rumah saja termasuk kegiatan bekerja untuk karyawan atau pegawai dan belajar bagi para siswa atau mahasiswa. Langkah tersebut bertujuan untuk meminimalisir penyebaran virus ini dan memutus mata rantai penyebaran agar korban tidak semakin bertambah setiap harinya. Baik lockdown ataupun pembatasan sosial membuat beberapa industri, transportasi, dan perusahaan ditutup untuk sementara waktu. Hal ini berdampak tidak hanya bagi kehidupan masyarakat, tetapi juga bagi lingkungan sekitar seperti menurunnya tingkat populasi udara berbagai wilayah di belahan dunia. Contohnya adalah di China kualitas udara naik sebesar 11, 4% dan di New York polusi udara berkurang sebanyak 50%  dibandingkan pada waktu yang sama pada tahun lalu. Berdasarkan pencitraan satelit di Eropa juga menunjukkan pancaran nitrogen dioksida memudar di atas Italia Utara, selain itu hal ini terjadi di Spanyol dan Inggris.

Ancaman mendadak dan eksistensial seperti COVID-19 ternyata bisa membuat perubahan yang begitu besar dan begitu cepat seperti ini. Walaupun banyak dampak negatif dan kerugian yang ditimbulkan akibat virus ini, tetapi masih ada satu hal baik, yaitu penurunan tingkat polusi udara di berbagai wilayah. Mungkinkah pandemi ini adalah sebuah peringatan agar manusia lebih peduli terhadap alam yang merupakan tempat tinggalnya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode