Search
Generic filters
Exact matches only

Ketombe Membandel? Coba Pakai Bahan-bahan Alami untuk Mengatasinya

0
7 months ago

Munculnya ketombe bisa mengganggu kenyamanan dan kepercayaan diri. Lalu apa itu ketombe? Ketombe merupakan kulit mati yang terkelupas secara berlebihan di kulit kepala. Kebersihan kulit kepala, rambut yang tidak terjaga, kulit kepala kering, penggunaan produk perawatan rambut yang tidak cocok adalah beberapa faktor yang meningkatkan resiko munculnya ketombe. Serpihan putih yang muncul bahkan jatuh di pakaian  membuat penderitanya malu dan tidak nyaman. Selain itu ketombe juga menyebabkan rasa gatal pada kulit kepala. Jika dibiarkan terus-menerus maka akan menyebabkan luka pada kulit kepala dan rentan terinfeksi.

Oleh karena itu, ketombe harus segera diatasi agar tidak semakin memperburuk kondisi kulit kepala. Selain dengan keramas yang bersih dan menggunakan sampo anti ketombe, bisa digunakan juga bahan-bahan alami seperti.

  • Tea tree oil

Minyak esensial ini memiliki segudang manfaat salah satunya adalah untuk menghilangkan ketombe. Minyak ini mengandung senyawa terpinen 4-ol. Senyawa ini dapat membantu mengurangi ketombe dengan menekan pertumbuhan jamur dan bakteri di kulit kepala. Cara menggunakannya adalah dengan mencampurkan beberapa tetes minyak ini pada sampo yang akan digunakan. Perlu diingat jangan mengoleskannya secara langsung ke kulit kepala karena akan menyebabkan iritasi dan peradangan pada kulit kepala.

  • Minyak serai

Bahan alami selanjutnya adalah minyak serai.  Minyak serai memiliki kandungan anti bakteri dan anti peradangan sehingga cukup ampuh untuk menghambat berkembanganya bakteri dan jamur di kulit kepala yang menyebabkan ketombe. Cara menggunakannya adalah dengan mencampurkan beberapa tetes minyak serai pada air atau sampo yang dipakai. Sama seperti tea tree oil, minyak serai dapat menyebabkan iritasi dan peradangan pada kulit kepala.

  • Lidah buaya

Lidah buah mengandung gel yang memiliki kandungan asam amino dan antioksidan yang dapat mengurangi ketombe. Gel ini juga memiliki kandungan anti jamur dan dapat menyembuhkan peradangan. Cara menghilangkan ketombe dengan lidah buaya cukup mudah karena bisa langsung dioleskan ke kulit kepala dan tidak akan menyebabkan iritasi atau peradangan malah akan menimbulkan sensasi dingin dan segar.

  • Lemon atau jeruk nipis

Lemon atau jeruk nipis mengandung antioksidan, vitamin esensial, dan asam citric. Kandungan ini membuatnya dapat dijadikan bahan alami untuk menghilangkan ketombe. Cara menggunakannya adalah dengan mengaplikasinya secara langsung ke kulit kepala.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode