Search
Generic filters
Exact matches only

Kilang Minyak di Wajah? Jangan Khawatir Mengatasinya

0
6 months ago

Masing-masing orang memiliki jenis kulit yang berbeda-beda, seperti jenis kulit kering, jenis kulit berminyak, atau jenis kulit kombinasi. Baik jenis kulit berminyak, kulit kering, maupun kombinasi masing-masing memiliki perawatan yang berbeda. Pada kesempatan kali ini, mari membahas kulit jenis kulit berminyak. Seseorang dengan jenis kulit ini memiliki kelenjar sebaceous yang menghasilkan minyak terlalu banyak di kulit. Sebenarnya minyak dapat membantu kulit agar tetap lembab, tetapi apabila berlebih akan membuat kulit terlihat mengkilap dan kusam karena banyak debu dan kotoran menempel. Selain itu, seseorang yang memiliki jenis kulit berminyak biasanya lebih rentan terkena jerawat karena debu dan kotoran yang menempel akan menyumbat pori-pori. Selain debu dan kotoran, sel-sel kulit mati yang seharusnya luruh dan jatuh juga akan menyumbat pori-pori karena bercampur dengan minyak.

Dibandingkan dengan jenis kulit yang lain, jenis kulit berminyak memang membutuhkan perawatan yang khusus. Tujuannya adalah agar minyak di wajah tidak semakin bertambah hingga memicu timbulnya jerawat dan masalah yang lainnya. Berikut adalah perawatan yang bisa dicoba untuk seseorang yang memiliki jenis kulit berminyak.

  • Rajin cuci muka

Mencuci muka idealnya dua kali sehari, oleh karena itu rutinitas ini jangan sampai terlewatkan. Cuci muka saat pagi setelah bangun tidur dan malam hari sebelum tidur. Gunakan sabun atau pembersih wajah yang sesuai dengan kulit. Perlu diketahui bahwa meskipun memiliki jenis kulit yang sama dengan orang lain, tetapi tidak semua sabun atau pembersih wajah yang cocok di kulit orang lain bisa cocok juga di kulit sendiri.

  • Gunakan toner setelah cuci muka

Penggunaan toner bisa lebih membersihkan bagian-bagian wajah yang tidak bisa dijangkau ketika cuci muka. Selain itu toner juga bermanfaat untuk memperkecil pori-pori. Sama seperti sabun atau atau pembersih wajah, tidak semua toner yang cocok di kulit orang lain bisa cocok juga di kulit sendiri, meskipun memiliki jenis kulit yang sama.

  • Hindari menyentuh wajah dengan tangan

Hindari menyentuh wajah dengan tangan karena tidak bisa menjamin tangan dalam kondisi yang bersih dan steril. Hal ini dapat membantu untuk mencegah munculnya jerawat.

  • Gunakan kertas minyak

Kertas minyak dapat membantu menghilangkan kelebihan minyak di wajah dengan cara menyerapnya. Untuk pemakaian sebaiknya ditekan dengan lembut ke wajah, jangan menggosoknya.

Pilihlah makanan dan minuman yang tepat, kurangi mengkonsumsi produk susu, makanan manis dan karbohidrat olahan seperti roti dan kue.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode