Search
Generic filters
Exact matches only

Klausul-Klausul Kontrak Aneh dan Unik yang Ada dalam Sepak Bola

0
6 months ago

Transfer pemain dalam dunia sepak bola merupakan hal yang acap kali terjadi dan merupakan hal yang lumrah. Tim-tim melakukan transfer pemain untuk memperkuat dan memenuhi kebutuhan di skuad mereka. Pada proses transfer tersebut ada proses yang perlu disepakati oleh beberapa pihak, yang biasa disebut dengan klausul kontrak.

Dari beberapa transfer yang pernah terjadi, ada beberapa klausal kontral aneh yang pernah disepakati oleh pihak pemain dan pihak klub. Berikut ini adalah beberapa klausul kontrak aneh yang pernah terjadi dalam dunia sepak bola.

  1. Memiliki Rumah Lego

Giuseppe Reina memiliki klausul kontrak dengan klub barunya, Arminia Bielefeld yang isinya mengatakan bahwa pihak klub diharuskan memberikannya rumah setiap tahunnya sesuai dengan yang ada di dalam klausul kontrak tersebut.

Memang tidak ada yang aneh dalam klausul kontrak tersebut, dan pihak klub pun setuju dengan kontrak tersebut. Reina pun mendapatkan rumah sesuai apa yang ada dalam klausul kontraknya. Namun, rumah yang didapatkan oleh Reina bukanlah rumah beneran sebagaimana rumah pada umumnya. Apes, yang didapat Reina justru berupa rumah mainan lego.

Mungkin terlihat kalau Arminia terlihat menipu Reina. Namun, pihak klub beralasan kalau klausul kontrak yang ada dalam kontrak Reina tidak menjelaskan secara detail rumah seperti apa yang didapatkan.

  1. Tidak Boleh Menggigit Pemain Lain

Kita semua sepakat kalau Luis Suarez merupakan salah satu striker terbaik dunia saat ini. Suarez begitu berbahaya saat berada di kotak penalti. Suarez merupakan striker yang haus gol. Namun, Suarez pernah terlibat beberapa kontroversi sepanjang karir sepak bolanya, salah satunya adalah menggigit pemain lawan.

Tercatat Suarez sudah pernah menggigit pemain lawan sebanyak 3 kali, yang pertama dilakukannya ketika Suarez masih berkostum Ajax Amsterdam. Pada sebuah pertandingan di Liga Belanda, Suarez menggigit gelandang pemain PSV Eindhoven yang menjadi lawannya saat itu, Otman Bakkal.

Suarez lalu kembali menggigit pemain lawan saat sudah berkostum Liverpool. Saat itu Suarez menggigit bek Chelsea, Branislav Ivanovic setahun sebelum dia bergabung dengan Barcelona. Hanya beberapa minggu sebelum dirinya berkostum Barcelona, Suarez kembali berulah. Kali ini adalah bek Italia, Chiellini yang menjadi korban gigitannya di ajang Piala Dunia. FIFA pun saat itu menghukum Suarez berupa larangan bermain sepak bola selama 4 bulan.

Tau akan track record Suarez yang “gemar”menggigit pemain lawan, saat merekrut Suarez Barcelona memasukkan klausul khusus pada kontraknya yang menyatakan bahwa Suarez tidak boleh menggigit pemain lawan sama sekali, apabila hal itu dilanggar Suarez akan menerima sanksi yang berat dari pihak klub!

 

  1. Tidak Dipaksa untuk Terbang

Mantan legenda tim nasional Belanda dan juga klub Arsenal, Dennis Bergkamp juga memiliki klausul yang cukup aneh dan unik pada kontraknya. Pada saat dirinya direkrut Arsenal dari Inter Milan, Bergkamp memasukkan klausul khusus pada kontraknya.

Klausul khusus tersebut menyatakan bahwa pihak klub dilarang memaksa Bergkamp untuk berpergian menggunakan transportasi berupa pesawat terbang apabila harus melakukan pertandingan tandang.

Hal ini dikarenakan Bergkamp memiliki fobia terbang. Penyebabnya adalah karena Bergkamp memiliki pengalaman yang sangat mengerikan menaiki pesawat saat dirinya berusia 20 tahun. Saat itu pesawat yang ditumpangi Bergkamp melintasi kawasan gunung Etna yang berapi, dan pesawat tersebut sempat masuk ke gumpalan awan. Sejak saat itu Bergkamp tidak mau lagi berpergian menaiki pesawat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode