Search
Generic filters
Exact matches only

Klub-Klub Dunia yang Pernah Meraih Treble Winner

0
6 months ago

Meraih trofi merupakan misi setiap klub-klub sepak bola. Saat akan memulai musim baru, klub-klub ini akan mengusung misi untuk meraih trofi di ajang kompetisi yang mereka ikuti. Bagi klub-klub besar macam, Liverpool, Manchester City, Real Madrid, Barcelona, Juventus, Bayern Munich, dan tim besar lainnya meraih trofi adalah harga mati untuk mereka.

Tak jarang pula klub-klub ini yang ingin meraih semua trofi di ajang kompetisi yang mereka ikut. Ada istilah “treble winner” yang di sematkan kepada klub-klub yang menjuarai 3 piala bergengsi dalam satu musim. 3 piala yang dimaksud itu diantaranya adalah Liga Champion, juara liga, dan piala kompetisi domestik asal klub tersebut. Gelar status treble winner ini hanya pernah diraih oleh beberapa klub saja di seluruh dunia. Bahkan, ada klub yang meraih treble lebih dari sekali lho!

Inilah klub-klub yang pernah meraih treble winner!

  1. Celtic

Celtic merupakan klub raksasa sepakbola asal Skotlandia. Celtic adalah tim Eropa yang pertama kali meraih treble winner. Celtic meraihnya pada musim 1966/1967. Saat itu Celtic menjuarai Liga Skotlandia dengan raihan 58 poin, unggul 3 angka dari rival abadi mereka Rangers. Di musim yang sama Celtic juga meraih Piala Skotlandia setelah mengalahkan Aberdeen dengan skor 2-0. Di musim itu juga Celtic memenangkan kompetisi paling elit antar klub Eropa, yaitu Liga Champion (dulu namanya masih Piala Eropa). Pada musim tersebut Celtic mengalahkan Inter Milan dengan skor 2-1. Pada akhir tahun 60an itu Celtic memang bisa dibilang salah satu klub terkuat di Eropa!

  1. TP Mazembe

Di musim yang sama saat Celtic meraih treble winner, dibenua Afrika ada juga klub yang meraih treble winner. Klub tersebut adalah TP Mazembe. TP Mazembe dan Celtic menjadi klub pertama yang meraih gelar treble winner di seluruh dunia. Pada musim 1966/1967 tersebut TP Mazembe menjuarai liga tertinggi di negara Republik Kongo. Pada musim tersebut TP Mazembe juga menjuarai kompetisi domestik yang disebut Coupe du Congo dan menjadi juara CAF Champions League, yang merupakan kompetisi elit antar klub-klub Afrika.

  1. Ajax

Ajax meraih treble di musim 1971/1972. Pada musim itu Ajax meraih juara Eredivisie setelah unggul 8 poin dari rival abadi mereka Feyenoord. Di musim yang sama, Ajax juga memenangkan KNVB Cup setelah mengalahkan FC Den Haag dengan skor 3-2. Di musim tersebut juga Ajax berhasil menjuara Liga Champion setelah mengalahkan Inter Milan 2-0. Ajax pada awal 70an adalah klub yang paling ditakuti di Eropa. Betapa tidak? Ajax berhasil meraih juara Liga Champion 3 kali berturut-turut sedari tahun 1970 sampa dengan 1973. Saat masa jayanya tersebut, Ajax sedang dibela oleh pemain jenius Johan Cryuff. Maka, tidak mengherankan Ajax bisa ditakuti di Eropa.

  1. AS Vita Club

AS Vita klub adalah klub kedua asal Kongo sekaligus yang kedua klub asal Afrika yang berhasil meraih treble winner. AS Vita Club meraihnya dimusim 1972/1973. Pada musim tersebut AS Vita Club berhasil menjuarai Linafoot, yang merupakan kompetisi liga teratas Republik Kongo. Di musim tersebut juga AS Vita Club berhasil menjuarai Coupe du Congo dan menjadi juara CAF Champions League setelah mengalahkan klub asal Ghana, Asente Kotoko dengan skor 3-0.

  1. Defence Force FC

Defence Force FC merupakan klub asal negara Trinidad dan Tobago yang berhasil meraih treble winner. Defence Force FC meraihnya pada musim 1985/1986. Pada musim tersebut Defence Force FC berhasil menjuarai liga teratas negara Trinidad dan Tobago, yaitu TT Pro League, dan berhasil meraih juara kompetisi domestik, yaitu. FA Trophy. Pada musim tersebut juga Defence Force FC berhasil menjuarai kompetisi elit antar klub-klub Amerika Utara, Amerika Tengah, dan zona Karibia, yaitu CONCACAF Champions Cup.

  1. Al-Sadd

Pada musim 1988/1989 Al-Sadd adalah klub Asia pertama yang berhasil meraih treble winner. Pada musim tersebut Al-Sadd berhasil meraih juara Qatar Stars League dan kompetisi domestik, Emir of Qatar Cup. Di musim itu jg Al-Sadd berhasil menjuarai AFC Champion League, kompetisi elit antar klub-klub Asia.

  1. Thai Farmers Bank FC

Thai Farmers Bank FC adalah klub asia kedua sekaligus klub satu-satunya asal Thailand yang berhasil meraih treble winner. Thai Farmers Bank meraihnya pada musim 1994/1995. Pada musim tersebut Thai Farmers Bank FC berhasil menjuarai liga tertinggi Thailand, Kor Royal Cup (sekarang disebut Thai League 1) sekaligus menjuarai kompetisi domestik, Queens Cup dan menjuarai AFC Champion League. Hebatnya, Thai Farmers Bank FC menjuarai AFC Champion League sebanyak dua kali yang hingga sampai saat ini prestasi tersebut belum bisa diraih klub Thailand manapun.

  1. Manchester United

Manchester United (MU) meraih treble winner pada musim 1998/1999. Pada musim tersebut Manchester United berhasil menjuarai Premier League, FA Cup, dan Liga Champion. Pada Liga Champion musim 1998/1999 tersebut MU berhasil membalikkan kedudukan dari raksasa Jerman Bayern Munich di menit2 akhir lewat gol Teddy Sheringham pada menit 91 dan Solskjaer pada menit 93. Laga tersebut dikenang sebagai salah satu laga comeback terbaik yang pernah ada di Liga Champion.

  1. Accra Hearts of Oak S.C.

Accra Hearts of Oak S.C. adalah klub asal Ghana dan klub ke 3 Afrika yang berhasil meraih treble winner. Accra Hearts of Oak S.C. meraihnya pada musim 2000/2001. Pada musim tersebut Accra Hearts of Oak S.C. berhasil menjuarai Ghanaian League Champion, kompetisi domestik yaitu Ghanaian FA Cup, dan CAF Champion League.

  1. Al-Ahly

Klub yang berhasil meraih treble winner selanjutnya adalah Al-Ahly. Al-Ahly menjadi klub ke 4 afrika yang berhasil treble winner. Al-Ahly meraihnya pada musim 2005/2006. Pada musim tersebut Al-Ahly berhasil menjuarai liga teratas Mesir yaitu Egyptian Premier League, sekaligus kompetisi domestik Egypt Cup dan CAF Champion League. Hebatnya, Al-Ahly kembali meraih prestasi serupa pada musim selanjutnya, yaitu pada musim 2006/2007. Al-Ahly menjadi klub mesir dan Afrika satu-satunya yang berhasil meraih 2 kali treble winner.

  1. FC Barcelona

Barcelona 2 periode meraih treble. Periode pertama terjadi pada musim 2008-2009. Pada musim tersebut Barcelona menjuarai La Liga, Copa del Rey, dan Liga Champion. Pada musim itu pula Barcelona memulai kiprahnya untuk mendominasi Spanyol dan Eropa. Banyak yang mengatakan bahwa Barcelona era 2008-2009 merupakan tim terbaik dunia. Pada era tersebut, gaya main Barcelona dikenal dengan nama Tiki-Taka.

Barcelona kembali meraih treble winner pada musim 2014/2015. Pada musim tersebut Barcelona memiliki trio lini depan paling mengerikan di dunia yang disebut MSN. Trio lini depan tersebut terdiri dari Messi-Suarez-Neymar.

  1. Inter Milan

Inter Milan meraih treble winner pada musim 2009/2010. Skuad yang dilatih oleh Jose Mourinho pada saat itu menjuari Serie A, Coppa Italia, dan Liga Champion. Sampai sekarang, belum ada satu pun klub Italia lainnya yang bisa menyamai prestasi dar Inter Milan.

  1. Bayern Munich

Klub terakhir yang pernah menjuarai treble winner adalah Bayern Munich. Bayern meraihnya pada musim 2012/2013. Pada musim tersebut Bayern menjuarai Bundesliga, DFB Pokal, dan Liga Champion.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode