Search
Generic filters
Exact matches only

Klub-Klub yang Menjuarai Liga Secara Beruntun Terpanjang di Dunia dalam 15 Tahun Terakhir

0
6 months ago

Klub-klub sepak bola di dunia akan menetepakan sebuah misi sebelum menatap musim baru. Para klub ini biasanya akan menetapkan rencana untuk menentukan target-targe klub di musim baru tersebut. Tentu saja fokus utama mereka adalah bisa berprestasi dan menjuarai liga. Menjuarai liga ini diperlukan untuk para klub-klub tersebut untuk menegaskan kalau merekalah tim paling kuat yang ada di liga tersebut.

Sudah banyak klub-klub di dunia yang menjuarai liga mereka masing-masing. Ada sebagian besar juga yang sudah menjuarai liga berkali-kali. Ada juga nih dantara klub-klub tersebut yang telah mendominasi liga mereka dan membuat yang liga tersebut jadi kurang kompetitif dan menjadi kurang menarik untuk diikuti.

Tim-tim ini memang secara kualitas dari skuad yang mereka miliki lebih baik dibandingkan dengan kualitas skuad lawan-lawan mereka.  Dalam 15 tahun terakhir ini bahkan ada klub yang sudah mendominasi liga lebih dari 10 musim beruntun! Ini lah beberapa klub yang sudah lama mendominasi liga mereka.

  1. BATE Borisov (13 Musim, 2006-2018)

BATE Borisov adalah klub yang menjuarai liga secara beruntun terpanjang di dunia. BATE Borisov membuat prestasi tersebut mulai dari tahun 2006 hingga tahun 2018 di Belarusian Premier League. Namun, dominasi mereka akhirnya diputus oleh klub Dynamo Brest di tahun 2019. Dynamo Brest menjuarai liga pada tahun tersebut dengan 75 poin dari 30 penampilan hasil dari 23 kali menang, 6 kali seri, dan sekali kalah. Mereka unggul 5 poin dari BATE Borisov yang ada di posisi 2.

Selama keikutsertaan BATE Borisov di Belarusian Premier League, mereka telah berhasil menjuarai liga sebanyak 15 kali, yang paling banyak diantara tim-tim lainnya yang ada di Belarusian Premier League.

  1. Basel (8 Musim, 2009-2016)

Basel mengawali dominasi mereka di Swiss Super League dari tahun 2009 hingga tahun 2016. Dominasi mereka baru berakhir setelah Young Boys menjuarai liga pada tahun 2017 dengan keunggulan poin yang cukup jauh dari Basel yang ada di posisi 2. Setelah hingga sekarang Basel belum lagi bisa menjuarai liga.

Semenjak keikutsertaan Basel di Swiss Super League, mereka telah menjuarai liga sebanyak 20 kali.

  1. Juventus (8 Musim, 2011-2018)

Sejak Juventus mendominasi Serie A mulai dari tahun 2011 sampai dengan sekarang, belum ada lagi tim selain mereka yang mampu meraih gelar Serie A. Juventus benar-benar menjadi klub adidaya di kompetisi liga Italia tersebut.

Juventus memiliki kualitas skuad yang sangat timpang dengan tim lainnya. Skuad yang dimiliki Juventus merata sama baiknya baik itu skuad inti maupun cadangannya. Bahkan Juventus disebut-sebut bisa saja mempunyai dua tim yang bisa diikutsertakan di Serie A.

Sebelum Serie A musim 2019/2020 dihentikan sementara ini karena wabah virus Corona yang menyerang negara Italia, Juventus bahkan masih menjadi pemuncak klasemennya.

  1. Guangzhou Evergrande Taobao F.C. (7 Musim, 2011-2017)

Klub terakhir yang mampu mendominasi liga secara beruntun terpanjang adalah Guangzhou Evergrande Taobao F.C. Guangzhou mendominasi liga China, Chinese Super League mulai dari tahun 2011 hingga tahun 2017.

Dominasi klub yang dilatih oleh mantan bek terbaik dunia, Fabio Cannavaro itu akhirnya harus dihentikan oleh Shanghai SIPG setelah Shanghai SIPG menjuara liga di tahun 2018.

Semenjak keikutsertaan Guangzhou di Chinese Super League, klub yang berbasi di kota Guangzhou, Guangdong, China tersebut telah berhasil menjuarai liga sebanyak 8 kali.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode