Search
Generic filters
Exact matches only

Klub-Klub yang Paling Banyak Menjuarai Liga Indonesia

0
6 months ago

Sepak bola merupakan olahraga yang paling populer dan digemari di dunia dan tak terkecuali di Indonesia. Sama seperti di negara-negara lainnya, di Indonesia pun memiliki kompetisi liganya sendiri. Kompetisi liga di Indonesia sudah dimulai sejak tahun 1931, saat itu namanya adalah Liga Perserikatan. Kompetisi ini sifatnya masih kompetisi amatir. Lalu pada tahun 1979 PSSI membentuk liga semi profesionalnya yang dinamakan Liga Sepak Bola Utama, atau yang biasa disebut dengan Galatama.

Liga Perserikatan dan Galatama berjalan masing-masing sampai PSSI menyatukan kedua kompetisi ini pada tahun 1994 dan dibentuklah liga profesional yang dinamakan Liga Indonesia dengan tujuan untuk memajukan persepakbolaan yang ada di Indonesia.

Sejak pertama kali dibentuk liga profesional pertama Indonesia pada tahun 1994 tersebut, sudah ada beberapa tim yang menjuarai liga. Bahkan ada beberapa tim yang sudah menjuarai Liga Indonesia lebih dari sekali. Ada faktar menarik dari Liga Indonesia ini. Belum pernah ada satupun tim yang pernah mempertahankan juara setelah pada musim sebelumnya tim tersebut juara. Penasaran siapa saja tim tersebut? Langsung aja nih di cek!

  1. Persipura Jayapura

Sejak era liga profesional Indonesia dimulai, Persipura Jayapura menjadi tim tersukses. Persipura telah menjuarai Liga Indonesia sebanyak 4 kali. Gelar pertama mereka dapat pada tahun 2005, saat itu kompetisi liga masih berformat wilayah yang terdiri dari 2 wilayah, wialayah barat dan wilayah timur. Persipura juara setelah mengalahkan Persija Jakarta dengan skor 3-2 saat masih diarsiteki oleh pelatih Rahmad Darmawan.

Lalu Persipura kembali mendapatkan 3 gelar juaranya pada tahun 2008, 2010, dan tahun 2013 saat dilatih oleh pelatih berkebangsaan Brasil, Jacksen F. Tiago. Saat itu kompetisi liga sudah berformat tanpa wilayah layaknya liga-liga pada umumnya.

  1. Persija Jakarta, Persib Bandung, Persebaya Surabaya, Persik Kediri, Sriwijaya FC

Persija Jakarta, Persib Bandung, Persebaya Surabaya, Persik Kediri, dan Sriwijaya FC adalah tim selanjutnya pada daftar ini. Tim-tim tersebut telah menjuarai liga sebanyak dua kali.

Saat kompetisi Liga Indonesia pertama kali dimulai pada tahun 1994, tim yang pertama kali menjuarainya adalah Persib Bandung. Persib saat itu mengalahkan Petrokimia Putra dengan skor 1-0. Partai final tersebut diselenggarakan di stadion Senayan, Jakarta.

Persib lalu harus menunggu selama 20 tahun untuk meraih gelar keduanya. Persib mendapatkannya pada tahun 2014 setelah mengalahkan Persipura di partai final pada babak adu penalti dengan skor 5-3 setelah harus puas bermain seri 2-2 di babak normal.

Persija pertama kali menjuarainya pada tahun 2001 setelah mengalahkan PSM Makassar di partai final yang diselenggarakan di stadion Gelora Bung Karno dengan skor 3-2. Pada saat itu penyerang andalan mereka sekaligus legenda Indonesia, Bambang Pamungkas diganjar gelar pemain terbaik di akhir musim.

17 tahun berselang Persija kembali mendapatkan gelar juaranya untuk yang kedua kalinya setelah menjadi pemuncak klasemen di akhir musim dengan hanya selisih 1 poin saja dari PSM Makassar di posisi dua.

Persebaya pertama kali menjuarai liga pada tahun 1996. Saat itu kompetisi liga terbagi menjadi 3 wilayah, yaitu wilayah barat, wilayah tengah, dan wilayah timur. Persebaya pun lolos hingga partai final dan di partai tersebut mengalahkan Bandung Raya dengan skor 3-1.

Persebaya kembali meraih gelar juara pada tahun 2004, saat itu kompetisi kembali berubah denga format full liga layaknya liga-liga pada umumnya dan tanpa pembagian wilayah. Persebaya saat itu juara dengan hanya unggul selisih gol saja dengan PSM Makassar! Poin kedua tim saat itu sama, sama-sama memperoleh 61 poin.

Tim selanjutnya pada daftar ini adalah Persik Kediri. Persik kediri pertama kali menjuarai liga pada tahun 2003 setelah menjadi pemuncak klasemen dengan poin 67 di akhir musim. Saat itu trio Amerika latin, yaitu Christian Gonzales, Danilo Fernando, dan Ronald Fagundez menjadi pilar penting Persik dan menjadi 3 sosok yang mengerikan buat tim lawan.

Persik kembali meraih gelar kedua mereka hanya 3 tahun berselang, yaitu pada tahun 2006 setelah mengalahkan PSIS Semarang di partai final yang diselenggarakan di Stadion Manahan, Solo dengan skor 1-0. Trio Amerika latin yang disebutkan sebelumnya masih menjadi pilar penting pada tahun itu.

Sriwijaya FC menjadi tim terakhir pada daftar ini. Tim asal kota Palembang ini pertama kali meraih gelar juaranya pada tahun 2007 setelah harus melakoni derbi Sumatera dengan PSMS Medan di partai final yang diselenggarakan di kota kembang, Bandung. Saat itu Sriwijaya berhasil mengalahkan PSMS dengan skor 3-1.

Sriwijaya kembali meraih gelar keduanya 4 tahun berselang pada tahun 2011 setelah menjadi pemuncak klasemen di akhir musim dengan 79 poin, unggul 9 poin dari tim yang ada di posisi ke dua, yaitu Persipura Jayapura.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode