Search
Generic filters
Exact matches only

Kok di Logo A.C. Milan dan Barcelona Ada Bendera Inggris?

0
7 months ago

Setiap klub sepak bola pasti memiliki identitasnya masing-masing. Selain jersey dan bendera, juga ada logo klub yang menjadi salah identitas penting klub tersebut. Logo klub juga bisa menjadi nila jual tersendiri buat para sponsor. Logo juga sebagai sistem penandaan yang mebuat klub tersebut berbeda dengan klub lainnya. Selalu ada sejarah dan makna tersendiri dibalik logo setiap klub.

Kalian nih para fans klub A.C. Milan dan Barcelona, tau kah kalian kalau ada ciri identik antara logo A.C Milan dan Barcelona? Pada logo kedua klub ini sama-sama terdapat salib berwarna dengan background berwarna putih tersemat pada logo kedua klub ini. Gambar tersebut mirip banget sama bendera kebangsaan Inggris. Nah, ada cerita dibalik itu semua.

Banyak yang berpikir kalau lambang bendera Inggris di logo klub A.C. Milan adalah lambang Saint George dikarenakan pendiri A.C. Milan, Herbert Kilpin seorang mantan patriot Inggris berasal dari tahun logo milan adalah bendera Milan, yang pada awalnya merupakan bendera Saint Ambrose. Fakta lainnya adalah gambar salib di logo A.C. Milan tersebut ada bahkan sebelum lambang bendera Saint George dikenal.

Sedangkan logo Barcelona memiliki ceritanya sendiri. Saat pertama kali dibentuk di tahun 1899, FC Barcelona menggunakan logo yang merupakan lambang kota Barcelona. Logo tersebut memiliki bentuk belah ketupat dan di dalamnya dibagi empat ruang dengan terdapat mahkota diatasnya. Diatas mahkota tersebut terdapat kelelawar dan disamping belah ketupat cabang pohon palm di sebalah kanan dan cabang pohon laurel di sebalah kiri. Logo ini bertahan selama 10 tahun hingga 1910.

negeri ratu Elizabeth. Padahal sebenarnya bukan seperti itu. Salib merah yang berada di logo A.C. Milan merupakan salib Saint Ambrose, santo pelindung populer di kota Milan.

Pada 1908 Barcelona mengalam ketidak stabilan ekonomi yang membuat klub berada dalam krisis yang sangat serius. Presiden klub kala itu, Joan Gamper mengambil sejumlah kebijakan yang salah satunya adalah memutuskan untuk mengganti logo klub untuk mengurangi krisis ekonomi.

Pada tahun 1910 klub Barcelona mengadakan kompetisi bagi semua anggotanya untuk mendesain logo baru. Uniknya kompetisi tersebut dimenangi oleh Carles Comamala yang tak lain merupakan pemain Barcelona pada era 1903 hingga 1912. Logo yang kita lihat sekarang adalah logo yang telah diciptakan oleh Carles Comamala sejak tahun 1910 yang telah terdapat perubahan kecil sebagai penyesuaian jaman. Logo tersebut berupa sebua perisai dengan di dalamnya terdapat bendera Inggris dan bendera Catalan.

Salib Saint George yang disematkan pada logo Barcelona sebagai bentuk penghormatan kepada seorang pejuang salib yang pernah melindungi kota Catalonia, yaitu Saint George. Saint George sendiri juga merupakan pelindung Inggris, maka tak heran kalau terdapat bendera Saint George pada logo Barcelona.

Nah, gimana? Udah pada tau kan kenapa terdapat logo salib merah berlatar belakang putih di logo A.C. Milan dan Barcelona? Jadi, jangan pada penasaran lagi ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode