Search
Generic filters
Exact matches only

Kreatif Dalam Menyelesaikan Masalah

0
7 months ago

Pemikiran kreatif dapat menguasai dunia. Mereka secara terus-menerus mencari cara yang lebih cepat, baik, dan mudah agar berhasil menyelesaikan target yang penting bagi orang lain. Dengan berpikir kreatif dapat memunculkan semua terobosan, inovasi, dan kemajuan hebat dalam sejarah manusia. Kreativitas adalah salah satunya indikator terbaik atau alat prediksi terbaik untuk kesuksesan dalam hidup atau pekerjaan. Semakin kreatif, maka semakin banyak ide yang muncul sehingga meningkatkan kualitas hidup, pekerjaan, dan segala hal.

Salah satu cara untuk berpikir kreatif dapat dilakukan dengan tetap berpikiran terbuka. Menghadapi masalah atau situasi dengan pikiran terbuka seperti melakukan eksplorasi dan penemuan. Semakin terbuka pikiran terhadap pendekatan yang sama sekali berbeda dan baru untuk situasi apapun dalam hidup, semakin besar kemungkinan untuk memperoleh wawasan dan ide akan membawa kamu untuk keluar dari zona nyaman yang memungkinkan kamu berpikir dengan sudut pandang yang berbeda dan baru. Hati-hati dalam mempertimbangkan setiap aspek masalah, menolak untuk langsung menyimpulkan, dan sebaliknya mengumpulkan lebih banyak data. Jangan tergesa-gesa memberikan penilaian. Definisikan masalah atau target dengan jelas, setelah mendefinisikan ajukan pertanyaan “Hal lain apa lagi yang menjadi masalah?”. Hati-hati dengan masalah apapun yang hanya punya satu definisi. Buat definisi dan definisikan ulang masalah dengan beberapa cara berbeda sehingga lebih mudah untuk ditangani. Memeriksa dan menguji kesalahan dari jawaban yang sudah ditentukan agar yakin sejak awal kamu menyelesaikan masalah yang benar. Hati-hati dengan masalah yang hanya punya satu solusi.

Ada hubungan langsung antara jumlah solusi yang dikembangkan dengan kualitas solusi akhir yang diterapkan. Setelah itu persempit dan membuat keputusan, keputusan apapun lebih baik daripada tidak ada keputusan sama sekali. Jika tidak mengambil keputusan dengan segera, tentukan jangka waktu kamu harus membuat keputusan dan ambil tindakan. Tentukan bagaimana kamu akan mengukur kesuksesan atas keputusan ini dan tentukan ukuran atau patokan yang jelas. Tetapkan jangka waktu untuk penyelesaian, semakin penting hasil potensial, semakin sering dan akurat kamu harus mengatur dan mengukur kemajuan. Periksa sampai tuntas  apa yang akan kamu harapkan dan buat rencana B. Rencana darurat atau alternatif lain yang akan digunakan jika solusi pertama tidak berhasil karena suatu alasan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode