Search
Generic filters
Exact matches only

Kucing Belang Terbesar di Dunia – HARIMAU

0
6 months ago

Siapa yang tidak mengenal harimau? Tentunya semua mengenalnya. Hewan Legendaris yang sangat populer di seluruh belahan dunia ini sering dikenal dengan sebutan kucing belang raksasa dan merupakan spesies kucing terbesar di dunia, ukurannya pada umumnya melebihi raja hutan yakni singa. Hewan ini memiliki nama ilmiah Panthera tigris dan merupakan mamalia kedua tercepat dalam hal berlari dan melompat  setelah  cita. Dalam keseluruhan karnivora yang ada di belahan dunia ini, harimau adalah kucing karnivora terbesar dan karnivora terbesar ketiga setelah beruang coklat dan beruang kutub.

Walaupun hewan ini adalah seperti kucing yang dikenal sebagai hewan anti air atau tidak bisa berenang, harimau adalah spesies kucing yang sangat menyukai air dan sangat handal dalam berenang baik di air yang dangkal maupun air yang sangat dalam. Di alam aslinya yakni padang rumput savana, hewan ini biasanya memburu mangsa yang cukup besar seperti bison, gajah, jerapah, rusa, kijang, babi hutan, atau bahkan mamalia karnivora lainnya seperti hyena dan singa kecil. Namun, harimau juga suka memburu hewan kecil seperti kelinci, marmut, bahkan landak berduri pun ia makan  apabila mangsa yang agak besar itu tidak ada.

Corak kulitnya yang unik dan fantastis yakni belang-belang membuat hewan ini sering menjadi incaran dalam perburuan liar oleh manusia yang tidak bertanggung jawab. Tentu saja yang nantinya kulit dari hewan ini bisa dijadikan sebagai bahan dasar pembuatan tas, jaket, dompet, ikat pinggang, pakaian seperti jaket, kaos dan celana. Bahkan ada juga yang menjadikan kulit harimau sebagai media dasar untuk unsur keindahan pada hiasan dinding. Adapun taring pada hewan ini sering dijadikan sebagai kalung untuk alat property kecantikan. Perburuan liar harimau  yang sangat marak di dunia membuat populasi hewan ini sangatlah terancam, sehingga hewan ini dikategorikan sebagai hewan yang dilindungi di seluruh dunia. Yuk mari, kita sebagai manusia milenial masa kini memiliki tugas untuk tetap menjaga kelestarian hewan ini, agar nantinya anak dan cucu kita dapat selalu mengenal hewan ini secara langsung, bukan hanya dari cerita dongeng atau film fantasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode