Search
Generic filters
Exact matches only

Lakukan Ini Jika Mengalami Sakit Leher Karena Salah Bantal

0
6 months ago

Pernah mengalami leher sakit dan kaku saat bangun tidur? Biasanya rasa sakit tersebut akan mengganggu aktivitas karena sulit menggerakkan leher ke kanan dan kiri. Rasa sakit juga bisa menjalar hingga ke bahu. Beberapa orang menyebutnya kondisi tersebut dengan istilah salah bantal.

Dalam dunia medis, salah bantal disebut dengan muscle strain. Muscle strain yaitu adanya otot yang menegang atau yang ditarik. Ketegangan otot dapat terjadi karena penggunaan bantal yang terlalu tinggi saat tidur. Akibatnya otot leher mengalami ketegangan saat bangun tidur. Penyebab lain tegang nya otot leher karena mengendarai mobil dan berada di depan komputer dalam waktu yang lama.

Pada umumnya rasa kaku dan sakit pada bagian leher akan membaik dan menghilang dengan sendirinya. Namun bagi sebagian orang, kondisi ini justru akan mengganggu aktivitas. Beberapa cara di bawah ini dapat dilakukan untuk mengatasi rasa kaku dan sakit pada leher.

Gunakan bantal yang tepat. Pastikan menggunakan bantal yang tepat. Tidak terlalu tinggi ataupun terlalu rendah dan letakkan kepala searah dengan tulang belakang. Hal tersebut dilakukan agar otot tidak menegang saat tidur.

Kompres bagian leher. Lakukan kompres bagian leher yang terasa nyeri dan kaku dengan kompres dingin. Hal tersebut dapat mengurangi rasa nyeri dan membuat otot-otot anda lebih rileks sehingga akan mempercepat proses penyembuhan.

Gerakkan leher secara perlahan. Saat sakit melanda bagian leher, jangan paksakan untuk menggerakkan. Cukup istirahatkan selama beberapa hari sebelum mulai menggerakkan dengan perlahan hingga rasa sakit mulai mereda dan menghilang.

Perhatikan posisi tidur. Posisi tidur juga bisa menjadi salah satu penyebab terjadinya salah bantal. Pastikan Anda tidur di kasur dengan permukaan yang rata, hindari posisi tidur telungkup, dan lakukan relaksasi sebelum tidur.

Betul memang kasus salah bantal akan sembuh dengan sendirinya. tapi jika kondisi kaku dan sakit pada leher terus berlangsung hingga berminggu-minggu, segera periksakan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode